Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
PBNU tentukan 1 Syawal 1440 Hijriah sore ini
rukyatul hilal. FOTO: SI
HEADLINE UTAMA

PBNU tentukan 1 Syawal 1440 Hijriah sore ini 

LENSAINDONESIA.COM: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hari ini akan melakukan rukyat atau memantau hilal untuk menentukan Idul Fitri.

Ketua PBNU Robikin Emhas mengatakan, pihaknya juga akan membahas penetapan 1 Syawal 1440 Hijriah sore ini.

“NU menentukan 1 Syawal melalui rukyat. Hisab dipakai sebagai dasar pelaksanaan rukyat. Rukyat adalah field research,” kata Robikin Emhas seperti dikutip medcom.id, Senin, 3 Juni 2019.

Robikin mengatakan, pemaparan hasil rukyat akan dilakukan di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. PBNU telah menyebarkan tim rukyat yang memantau posisi hilal.

“Ba’da ashar tanggal 3 Juni sore ini akan ada sejumlah tim rukyat turun ke lapangan di sejumlah titik. Hasilnya akan dilaporkan ke PBNU secara live mulai pukul 17.00 WIB nanti dengan tajuk “Ikhbar Idulfitri,” ungkapnya.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) juga menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1440 H sore nanti. Kemenag juga melakukan pemantauan hilal di 105 titik dari 34 provinsi Indonesia.

Sidang isbat Kemenag rencananya digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama. Sidang isbat dipimpin Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada 5 Juni 2019. Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab haqiqi dari majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah.

Sementara itu, kelompok umat muslim Jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Makassar, Sulawesi Selatan, merayakan Idulfitri 1440 Hijriah hari ini. Mereka melaksanakan salat Id setelah bermusyawarah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah.

Jemaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang, juga merayakan Idulfitri 1440 Hijriah hari ini. Penetapan 1 Syawal 1440 H disepakati hari ini sesuai metode hisab munjid dan melihat bulan.@LI-13

CAPTION: Rukyatul Hilal. FOTO: SI/istimewa

Baca Juga:  Polisi temukan banyak kondom bekas dan botol miras di wisma mahasiswa Papua