Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Penangguhan penahanan Eggi Sudjana belum ada kejelasan
Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana. FOTO: istimewa
HEADLINE DEMOKRASI

Penangguhan penahanan Eggi Sudjana belum ada kejelasan 

LENSAINDONESIA.COM: Penangguhan penahanan tersangka kasus dugaan makar Eggi Sudjana hingga kini belum ada kejelasan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, keputusan terkait pengajuan penangguhan penahanan terhadap Eggi Sudjana ada di tangan penyidik.

Menurutnya, pengajuan penangguhan penahanan adalah hak semua tahanan karena telah diatur undang-undang. Kendati begitu, keputusan ditangguhkan atau tidak, ada di penyidik.

“Semuanya nanti ada di penyidik nanti penilaiannya, nanti tergantung penyidik,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, seperti dikutip Tempo, Selasa (04/06/2019).

Karena itu, Argo menyampaikan, pihaknya masih belum bisa memastikan kapan keputusan penangguhan penahanan Eggi akan keluar. Namun ia menyebut penangguhan untuk Eggi masih dalam proses. “Kita tunggu ya,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengajukan diri sebagai penjamin untuk penangguhan penahanan Eggi.

Dasco menuturkan pihaknya telah bertemu dengan penyidik untuk membahas proses penangguhan penahanan terhadap tersebut. Pihaknya juga telah melengkapi sejumlah syarat yang diajukan penyidik.

“Mudah-mudahan bisa segera menyusul kawan-kawan lain yang sudah keluar dari tahanan,” ujar Dasco, Selasa (04/06/2019).

Sementara itu, kuasa hukum Eggi, Abdullah Alkatiri juga sempat mendatangi Polda Metro Jaya Selasa untuk melobi penyidik untuk membicarakan nasib penangguhan penahanan kliennya.

Polisi telah menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka kasus dugaan makar. Ia pun telah menjalani penahanan di Polda Metro Jaya sejak Selasa 14 Mei 2019 lalu.

Penahanan terhadap Eggi berdasarkan pada Surat Perintah Penahanan Nomor: SP.HAN/587/V/2019/Ditreskrimum tanggal 14 Mei 2019.

Eggi diketahui sempat mengajukan gugatan pra peradilan atas kasusnya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Namun, gugatan itu akhirnya dicabut.@LI-13

CAPTION: Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana. FOTO: istimewa

Baca Juga:  Presiden Jokowi ajak Negara-negara Afrika bersatu bersama Indonesia ujudkan lompatan besar