Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Sayangkan ungkit pilihan politik Bu Ani, Ketua Baitul Muslimin: Pak Prabowo belajarlah adab Takziah!
HEADLINE

Sayangkan ungkit pilihan politik Bu Ani, Ketua Baitul Muslimin: Pak Prabowo belajarlah adab Takziah! 

LENSAINDONESIA.COM: Ketua Pengurus Pusat (PP) Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Mahmudin Muslim turut menyayangkan sikap Prabowo Subianto bicara kepada pers tentang pilihan politik Almarhumah Ani Yudhoyono saat Pilpres 2014, 2019.

Lebih ironis, apalagi pilihan hak politik Almarhumah Ibu Negara era Presiden SBY pada Pemilu yang bersifat umum, rahasia dan dilindungi Undang-Undang itu oleh Prabowo diungkapkan ketika dirinya datang bertakziah di rumah duka, Cikeas Bogor.

“Sayangnya, Pak Prabowo melayat ke kediaman Pak SBY, kepada pers malah berbicara tentang pilihan politik Almarhumah Ani Yudoyuno dalam pilpres yang lalu,” kata Mahmuddin Muslim, dalam paparan kritisnya, Selasa (4/6/2019).

Ketua bidang di Majelis Nasional Kahmi ini, mengatakan, Presiden ke-6 Indonesia, SBY baru saja berduka ditinggal istri tercintanya menghadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ucapan belasungkawa dan takziah datang dari semua lapisan masyarakat.

“Tentu saja, ungkapan (Prabowo) ini kurang pas ketika kita bertakziah. Padahal, Pak Prabowo ini capres hasil ijtima ulama, yang mestinya memahami adab bertakziah. Berempatilah pada keluarga Pak SBY yang sedang berduka,” kritik Mahmuddin.

Takziyah atau melayat adalah mengunjungi orang yang sedang tertimpa musibah kematian salah seorang keluarga atau kerabat dekatnya. Menurut Mahmuddin, umumnya ulama bersepakat, bahwa takziah adalah sunnah.

Oleh karena itu, setiap orang Islam sangat dianjurkan bertakziyah untuk menguatkan jiwa atau suasana batin orang yang sedang tertimpa musibah agar memiliki kesabaran dan ketabahan menerima musibah tersebut.

“Masyarakat yang datang bertakziah, atas meninggalkan Ibu Ani Yudoyono, tentu saja diharapkan bisa menghibur dan menguatkan Pak SBY dan keluarga yang ditinggalkan,” kata Mahmuddin.

Pelayat yang datang dari berbagai kalangan, politisi, pejabat, pengusaha sampai rakyat biasa. Tujuannya, lanjutnya, tentu sama mengingatkan pada kematian dan menghibur serta menguatkan keluarga yang berduka.

Baca Juga:  Irwan  ditunjuk jadi Ketua DPW PKS Jatim gantikan Arif Setiawan

“Tak pantas ketika orang berduka kita bicara politik atau pilihan politik. Mestinya, hibur dan kuatkanlah Pak SBY dan keluarga karena ditinggal oleh Bu Ani yang sangat dicintai. Pak Prabowo mestinya banyak belajar tentang adab takziah,” tegas Mahmuddin. Praktis, sikap Prabowo sebagai Capres Ijtima Ulama justru mengecewakan dan tidak memberi tauladan yang positip, maupun tidak mencerminkan figur seorang negarawan di negara yang berpenduduk muslim terbesa di dunia.

Terkait dengan takziyah, Imam al-Ghazali dalam risalahnya berjudul Al-Adab fid Din dalam Majmu'ah Rasail al-Imam al-Ghazali (Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah, halaman 437), menyebutkan ada empat adab orang bertakziyah sebagai berikut:
آداب المعزّي: خفض الجناح، وإظهار الحزن، وقلة الحديث، وترك التبسم فإنه يورث الحقد.

Artinya: “Adab orang bertakziyah, yakni menghindari sebanyak mungkin hal-hal yang tidak pantas atau tabu, menampakkan rasa duka, tidak banyak berbicara, tidak mengumbar senyum sebab bisa menimbulkan rasa tidak suka.”

Rasanya, kata Mahmuddin, berbicara politik dan pilihan politik ketika kita bertakziah, adalah sesuatu yang kurang elok baik bagi yang berbicara maupun bagi keluarga yang sedang berduka.

“Apalagi, Pak Prabowo bicara pilihan politik Almarhumah Bu Ani, disampaikan live oleh salah satu stasiun TV,” ungkap Mahmuddin yang Pengurus Pusat Majelis Nasional Korps Alumni HMI (Himpunan Mahasiswa Islam).

Selama ini takziah, yang datang selalu bisa melupakan perbedaan politik. Bertakziah, mengedepankan kemanusiaan dan ciri sosial kita yang sarat adab ketimuran, apalagi dikaitkan dengan adab takziah sebagaimana umat muslim.

“Sebaiknya Pak Prabowo banyak-banyak membaca kitab yang membahas adab takziah, agar bisa memberikan komentar yang sesuai dengan situasi dan keadaan,” pungkas Mahmuddin. @ jrk

Foto (atas):
Prabowo Subianto saat takziah di rumah duka Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono –Cikeas, Bogor– dan menyampaikan pernyataan pers yang mengejutkan banyak pihak. SBY nampak seperti tercenung. @dok. ist

Mahmuddin Muslim (sorban – tengah) bersama para pengurus PP Baitul Muslimin Indonesia. @dok.rmol