Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Wiranto sebut korban meninggal aksi 21-22 Mei berada di luar arena demo
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.
HEADLINE DEMOKRASI

Wiranto sebut korban meninggal aksi 21-22 Mei berada di luar arena demo 

LENSAINDONESIA.COM: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebut, korban meninggal aksi 21-22 Mei 2019 bukan akibat bentrokan antara peserta aksi damai dengan aparat.

Menurutnya, korban jiwa tersebut bukan berada di lokasi demo.

“Korban meninggal jatuh bukan di arena demo damai, yang penting itu, korban meninggal itu bukan akibat benturan saat demo damai,” tegas Wiranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/06/2019).

Wiranto memaparkan, aksi demo massa penolak pemilu yang berlangsung di depan Gedung Bawaslu berlangsung damai. Demonstran dan aparat keamanan bahkan berbuka puasa bersama. Saat itu, lanjut dia, massa pun cukup kooperatif selama aksi. Bahkan, petugas dan massa juga menunaikan ibadah salat bersama.

Lalu saat terjadi kerusuhan akibat oknum perusuh menyerang petugas, juga tidk terjadi korban jiwa.

“Bagus sekali (aksi berlangsung aman). Tapi, masalah timbul tatkala demo itu menjadi kaum perusuh, yang menyerang petugas, itu pun tidak ada korban jiwa,” kata dia.

Korban jiwa, kata Wiranto, jatuh saat penyerangan sejumlah perusuh ke Asrama Polisi, Petamburan. Polisi pun mendalami kematian para korban tersebut.

“Siapa yang menembak, tembakan dari mana. Sangat boleh jadi tembakan itu muncul dari yang tidak bertuan, karena malam hari menyerang seperti itu,” kata Wiranto.

Saat penyerangan di Asrama Polisi Petamburan, aparat kepolisian menggunakan peluru karet saat mengurai massa. Wiranto menilai wajar jika polisi melakukan perlawanan terhadap serangan itu.

“Yang menyerang bukan demonstran, yang menyerang itu perusuh. Ingat ini dulu, kita dudukkan permasalahan supaya tidak simpang siur,” kata Wiranto.@LI-13

CAPTION: Wiranto, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). FOTO: istimewa

Baca Juga:  Polrestabes Surabaya tahan oknum perwira yang dilaporkan selingkuhi istri orang