Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kanwil kemenkumham Jatim remikan Ruang Layanan Publik Berbasis HAM
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Jawa Timur, Susy Susilawati meresmikan Layanan Publik Terpadu Berbasis HAM. FOTO: rofik-LICOM
HEADLINE DEMOKRASI

Kanwil kemenkumham Jatim remikan Ruang Layanan Publik Berbasis HAM 

LENSAINDONESIA.COM: Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kanwil Kemenkumham) Jawa Timur meresmikan Layanan Publik Terpadu Berbasis HAM.

Ruang Layanan Publik Berbasis HAM yang dibangun di halaman gedung Kanwil Kemenkumham Jatim Jl Kayoon, Surabaya ini ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada Masyarakat dalam mengakses informasi. Hal ini sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap layanan publik yang prima.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati mengungkapkan bahwa layanan publik berbasis HAM merupakan upaya pihaknya untuk menciptakan pelayanan publik yang berkeadilan. Terutama untuk para pengguna layanan yang masuk dalam kelompok rentan. Seperti difabel, perempuan hamil/ menyusui dan anak-anak. “Pemenuhan itu dilakukan dalam berbagai aspek. Berbagai sarana dan prasarana telah kami cukupi,” ungkapnya saat memberi sambutan dalam persmian, Senin (17/06/2019).

Susy mengungkapkan pihaknya telah membangun fasilitas khusus untuk para pengguna layanan yang masuk dalam kategori khusus. Mulai dari parkir, toilet, tempat duduk hingga jalur khusus dan prioritas pelayanan. Sehingga, masyarakat akan mendapatkan perlakuan yang sama dengan pengguna layanan yang lain. “Tidak ada lagi yang namanya diskriminasi atau penyimpangan pelayanan,” tegasnya.

Kakanwil mencontohkan ruang laktasi, para ibu menyusui bisa memanfaatkan apabila bayinya sedang haus. Tanpa merasa khawatir mengganggu pengguna layanan yang lain. “Karena ruangan tersebut kami buat sangat eksklusif, nyaman dan tertutup,” urainya.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun tak luput dari perhatian. Di area bermain anak, pengguna layanan tak perlu lagi meninggalkan anaknya di rumah. “Masyarakat bisa membawa serta anaknya saat menggunakan layanan kami dan membiarkan anaknya bermain di area yang sudah kami siapkan,” terangnya.

Selain berbagai fadilitas, guna memberikan kemudahan layanan, di dalam ruangan Pusat Layanan Layanan Publik Berbasis HAM itu akan disiagakan petugas piket yang siap memberikan keterangan sesuai dengan kebutuhan ataupun keluhan masyarakat.

Baca Juga:  Peringati HUT ke-41, FKPPI berkomitmen menjaga keutuhan NKRI

“Petugas kami akan memberikan satu penjelasan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan informasi utamanya terkait HAM, namun bila memang Masyarakat belum puas, bisa langsung diberi penjelasan oleh petugas yang memang pada bidangnya,” pungkasnya.@rofik

CAPTION: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Jawa Timur, Susy Susilawati meresmikan Layanan Publik Terpadu Berbasis HAM. FOTO: rofik-LICOM