Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pelindo III siapkan shore connection 1 mega watt layani PILOG
EKONOMI & BISNIS

Pelindo III siapkan shore connection 1 mega watt layani PILOG 

LENSAINDONESIA.COM: PT Pelindo III Group melalui anak perusahaannya PT Lamong Energi Indonesia memiliki shore connection berdaya listrik 1 mega watt tersedia di Pelabuhan Tanjung Emas.

Shore Connection tersebut disediakan PT Lamong Energi Indonesia untuk melayani PT Pupuk Indonesia Logistic (PILOG).

“Selama ini kapal yang bersandar mesinnya harus tetap menyala untuk memenuhi kebutuhan listrik, dengan shore connection pelabuhan yang menyediakan daya listrik ini akan lebih efisien dan ramah lingkungan” jelas Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung dari keterangan resminya, Kamis (20/06/2019).

Ia menambahkan, fasilitas shore connection mampu efisiensi biaya operasional bongkar muat curah kering sebesar 40% sekaligus mempercepat kegiatan bongkar muat yang semula 4-5 hari menjadi 3-4 hari.

“Penggunaan listrik di kapal tanpa solar akan menghemat 40% biaya serta mempercepat bongkar muat, karena listrik yang tersedia bisa mengoperasikan ship crane secara maksimal”, tandasnya.

Penggunaan shore connection, produksi bongkar muat curah kering meningkat dari 1.800 – 2.000 ton/hari menjadi 2.300-2.500 ton/hari. Peningkatan ini terjadi karena energi listrik memudahkan penggunaan ship crane secara maksimal dan efisien.

“Semula kapal dengan kapasitas 7.500 GT hanya bisa menggunakan 1 ship crane karena solar mahal, namun dengan shore connection kapal bisa menggunakan 2 ship crane dengan biaya lebih efisien,” papar Doso.

Pelayanan curah kering di Terminal Dwimatama Pelabuhan Tanjung Emas dilengkapi fasilitas conveyor berukuran 1,2 x 25 meter dan berkapasitas 200 ton/jam.

“Upaya ini dilakukan untuk memberikan kontribusi dan menekan biaya logistik sehinga mampu meningkatkan daya saing produk nasional,” ungkap Doso Agung.

Kapal yang akan dilayani menggunakan shore connection hasil sinergi BUMN antara Pelindo III dan Pupuk Indonesia diantaranya MV Pusri Indonesia, kapal curah kering bermuatan 7.497 ton pupuk. Kapal ini butuh daya hingga 900 kw untuk memenuhi kebutuhan listrik kapal dalam melakukan kegiatan bongkar muat.@Rel-Licom

Baca Juga:  Tingkatkan layanan dan promosi, FIFGroup gelar SAFARI 2019 di Ramayana Sidoarjo

Foto: Wujud nyata sinergi antar BUMN yang diterapkan Pelindo III dengan PT PT Lamong Energi Indonesia. Ist