Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pertemuan bilateral, Presiden Argentina berikan kostum Lionel Messi pada Jokowi
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menerima kaos Timnas Argentina yang diserahkan Presien Argentina Mauricio Macri dan istrinya Juliana Awada, usai konperensi pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin siang (26/06/2019). FOTO: sertkab
HEADLINE UTAMA

Pertemuan bilateral, Presiden Argentina berikan kostum Lionel Messi pada Jokowi 

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan kejutan dari Presiden Argentina, Mauricio Macri saat menyampaikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu siang (26/06/2019).

Presiden Argentina tiba-tiba memberikan sebuah kostum tim nasional sepakbola Argentina beromor punggung 10 yang tertera nama JOKOWI. Hadiah tersebut disambut dengan gembira oleh Jokowi.

Nomor punggung 10 merupakan kostum yang dipakai bintang sepakbola Argentina Lionel Messi.

Tidak mau kalah dengan kejutan yang dibuat tamunya, Presiden Joko Widodo pun juga memberikan hadiah berupa bola yang merupakan produk buatan Majalengka. Bola tersebut diterima dengan bahagia oleh Presiden Argentina, bahkan Presiden Mauricio Macri sempat menunjukkan aksi kebolehan melakukan heading dengan bola tersebut.

Presiden Jokowi mengatakan, merupakan kehormatan bagi dirinya dapat menerima kunjungan kenegaraan Presiden Argentina, Mauricio Macri, yang baru pertama kali ini berkunjung ke Indonesia.

“Kami sudah pernah bertemu di saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hangzhou, RRT dan kali ini kami bertemu kembali menjelang KTT G20 di Osaka,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, Argentina merupakan mitra perdagangan terbesar kedua Indonesia di Amerika Selatan. Dan dalam pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor itu telah peningkatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan, pertanian, dan industri strategis.

“Kami membahas berbagai upaya menyeimbangkan perdagangan kedua negara termasuk melalui counter trade,” kata Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan dengan Presiden Argentina itu, Presiden Jokowi mengaku juga menawarkan berbagai produk barang dan jasa yang dimiliki industri strategis Indonesia. PT Dirgantara Indonesia menawarkan pesawat, PT GMF (Garuda Maintenancet Facility) menawarkan kerja sama dalam jasa pemeliharaan (maintenance pesawat-red), dan PT. INKA menawarkan produk lokomotif dan gerbong yang berstandar internasional.

Baca Juga:  IPI kumpulkan pakar bahas wacana KPU "keukeuh" larang Koruptor ikut Pilkada serentak 2020

“Presiden Macri selanjutnya akan berdiskusi dengan pimpinan PT. DI dan PT. INKA sore hari ini mendapatkan gambaran yang lebih jelas,” ucap Presiden.

Presiden Jokowi juga mendorong langkah-langkah untuk mendekatkan pengusaha nasional, di antaranya dengan mengundang partisipasi pengusaha Argentina pada Trade Expo Indonesia.

Selain itu, Indonesia juga terus mendorong peningkatan kerja sama perdagangan dengan MERCOSUR, blok dagang terbesar di Kawasan Amerika Selatan yang beranggotakan Argentina, Brasil, Paraguay dan Uruguay.

Dan untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, perdagangan dan investasi, menurut Presiden, dalam kunjungan Presiden Argentina ini juga ditandatangani MoU (Memorandum of Understanding) kerja sama di bidang Pendidikan, kemudian Joint Ministerial Statement on the Establishment of the Working Group on Trade and Investment.

Sebagai sesame negara agraris, Presiden Jokowi juga melihat potensi kerja sama di bidang pertanian. Ia menyambut baik kerja sama pengembangan sistem teknologi pertanian sebagai implementasi dari Rencana Aksi Kerja Sama Pertanian antara Argentina dan Indonesia.@LI-13

CAPTION: Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menerima kaos Timnas Argentina yang diserahkan Presien Argentina Mauricio Macri dan istrinya Juliana Awada, usai konperensi pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin siang (26/06/2019). FOTO: sertkab