Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Summer Festival di Hongaria, Kebudayaan Indonesia tampil di berbagai panggung utama
Galeri Budaya

Summer Festival di Hongaria, Kebudayaan Indonesia tampil di berbagai panggung utama 

LENSAINDONESIA.COM: Seperti lazimnya negara-negara Eropa di musim panas, Hongaria pada musim panas 2019 ini juga mengadakan berbagai festival budaya untuk masyarakat Hongaria dan juga demi menarik wisatawan mancanegara untuk berlibur ke Hongaria. Musim panas 2019 ini terdapat 10 Summer Festival yang berlangsung selama bulan Juni hingga Agustus 2019.

KBRI Budapest bersama sanggar seni binaan KBRI dan pencinta Indonesia dalam festival musim panas kali ini mendapatkan kesempatan tampil di berbagai panggung. Minggu lalu, Indonesia berkesempatan tampil di Festival Kolorado yang merupakan festival musik kontemporer di Nagykovacsi, Hongaria dengan menampilkan kesenian gamelan yang dibawakan secara apik oleh Group Seni Surya Kencana A yang beranggotakan warga negara Hongaria, alumni Beasiswa Darmasiswa RI.

Di minggu yang sama, tepatnya pada acara Night at the Museum, Indonesia berkesempatan tampil di dua museum besar di Hongaria yaitu di Ferenc Hopp Museum of Asiatic Arts menampilkan tari dan musik tradisional Indonesia sedangkan di Kunsthalle (Institution of Hungarian Academy of Arts) menampilkan kolaborasi gamelan dengan alat musik modern berupa gitar listrik yang dbawakan oleh Pemusik Hongaria, Bernard Atom.

Menurut pengamatan KBRI Budapest, pertunjukan kesenian Indonesia selalu mendapatkan sambutan yang meriah dari para penonton. Salah seorang pengunjung pada Kunsthalle (Institution of Hungarian Academy of Arts) menyampaikan bahwa ini merupakan kali pertama dia melihat live performance dari musik tradisional gamelan dan merasa kagum akan suaranya yang membawa efek menenangkan.

Dia juga merasa takjub melihat dan menyaksikan gamelan Indonesia dapat berkolaborasi dengan alat musik modern seperti gitar listrik dan menghasilkan nada-nada yang harmonis.

Duta Besar RI untuk Hongaria, A.H. Dimas Wahab menyampaikan bahwa Pertunjukan Budaya Indonesia pada festival-festival musim panas di Hongaria merupakan salah satu wujud komitmen KBRI Budapest dalam mempromosikan Indonesia di Hongaria.

Baca Juga:  Menuju Pilkada 2020, ini visi misi luar biasa Whisnu Sakti Buana membangun Surabaya

“Secara data tidak didapat dihitung dengan angka pasti, namun kami meyakini bahwa pertunjukan-pertunjukan ini sedikit banyak akan menimbulkan rasa tertarik masyarakat Hongaria terhadap Indonesia baik secara budaya maupun dari kekayaan alamnya, lalu diharapkan mereka akan berkunjung ke Indonesia,” ujarnya.

Ditambakan oleh Dubes Dimas, bahwa dengan sasaran kaum muda Hongaria, pertunjukan-pertunjukan ini juga diharapkan dapat menarik mereka untuk mengetahui lebih banyak mengenai Indonesia dan nantinya akan mendorong mereka menjadi Indonesianis.

“Orang muda-muda itu adalah calon pemimpin Hongaria, dan apabila mereka mencintai Indonesia, harapan saya, dalam setiap keputusan-keputusan penting, mereka tetap akan menyimpan Indonesia di hati dan sedikit banyak menaruh kepentingan Indonesia di depan,” jelasnya.

Pada Musim Panas 2019, Kesenian Indonesia akan tampil di 5 Festival Musim panas di Hongaria. Setelah Kolorado dan Night at the Museum, Indonesia juga akan tampil di Cseszek Festival, Babel Sound Festival dan Agárd –Percussion Festival.@licom