Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Bikin taman, pekerja DKRTH Surabaya temukan mortir sisa perang dunia II
HEADLINE JATIM RAYA

Bikin taman, pekerja DKRTH Surabaya temukan mortir sisa perang dunia II 

LENSAINDONESIA.COM: Pekerja Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya menemukan sebuah bom aktif di samping Bank Mandiri Jl Kebon Rojo, Minggu pagi (30/06/2019) sekitar pukul 09.60 WIB.

Bom jenis mortir yang masih aktif tersebut diduga merupakan benda sisa perang dunia II di Surabaya.

Benda berbahaya itu ditemukan saat empat pekerja yang sedang menggali tanah untuk pembuatan taman. Ketika melakukan penggalian, ganco pekerja tiba-tiba menghantam benda keras berupa besi panjang.

Setelah diangkat dari dalam tanah, benda yang sudah berkarat tersebut ternyata adalah mortir. Para pekerja DKRTH langsung melaporkan kepada pihak kepolisian.

Tim Penjinak Bom Brimob Polda Jatim mengevakuasi mortir aktif sisa perang dunia II yang ditemukan Pekerja Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya di samping Bank Mandiri Jl Kebon Rojo, Minggu pagi (30/06/2019) sekitar pukul 09.60 WIB. FOTO: rofik-LICOM

Beberapa saat setelah menerima laporan, anggota Reskim Polsek Bubutan yang dipimpin Ipda Purwanto saat mendatangi lokasi, memastikan barang yang ditemukan pekerja DKRTH itu merupakan mortir aktif sisa perang kemerdekaan di Surabaya.

“Setelah melihat jenis barang yang diduga mortir itu, kami langsung berkoordinasi dengan Tim Inafis Polrestabes Surabaya dan Unit Penjinak Bom Polda Jatim,” terang Purwanto.

Purwanto mengatakan, beruntung saat adanya benturan dengan ganco pegawai dinas kebersihan, tidak mengenai bagian belakang yang besar kemungkinan bisa menimbulkan ledakan.

“Mungkin ganco pekerja dinas kebersihan itu mengenai bagian tengah. Seandainya bagian belakang, sangat besar kemungkinanya akan adanya ledakan,” pungkasnya.

Tim Penjinak Bom Brimob Polda Jatim yang tiba di lokasi langsung melakukan pengamanan dan evakuasi untuk dilakukan pemusnahan dengan cara diledakan.@rofik

Baca Juga:  Anugrah Ariyadi resmi daftar Bacawawali Surabaya lewat PDIP