LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan Porprov VII Jatim 2021 mendatang akan diselenggarakan tiga kabupaten, yakni di Lumajang, Situbondo, Bondowoso dan Jember.

Karena itu, KONI Jatim tidak perlu berlama-lama mencari daerah mana yang akan ditunjuk menjadi tuan rumah Porprov Jatim tahun 2021, setelah gelaran Porprov VI 2019 berakhir nanti.

“Sudah saya teken surat keputusan (SK) nya. Porprov tetap dilaksanakan dua tahun sekali. Tahun 2021, porprov digelar di Lumajang, Situbondo, Bondowoso dan Jember. Porprov tetap digelar dua tahun sekali, setelah Porprov VI digelar di Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan Tuban. Setelah itu porprov tahun 2021 akan digelar di Lumajang, Situbondo, Bondowoso dan Jember,” kata Khofifah saat penyerahan obor api Porprov VI Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya Kamis malam (04/07/2019).

Khofifah menyampaikan alasan mengubah gelaran Porprov empat tahunan menjadi dua tahun sekali. Menurutnya, waktu empat tahun terlalu lama untuk perkembangan para atlet yang membutuhkan banyak laga.

“Sebenarnya jika porprov digelar empat tahun sekali kurang pas untuk sebuah prestasi. Maka dari itu jika makin banyak sering berlaga, maka makin tahu bagaimana meningkatkan prestasi, termasuk untuk mencetak rekor di masing-masing cabang olahraga,” jelasnya.

Khofifah meminta agar seluruh atlet yang masuk Pusat Pelatihan Daerah (Puslatda) harus bebas narkoba.

“Ini menjadi referensi penting bagi kami untuk bisa membangun ketahanan pribadi masing-masing warga Jatim. Kita ingin hasil tes urine di puslatda bebas narkoba bisa dikembangkan ke masing-masing kabupaten/kota,” katanya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Jatim, Erlangga Satriagung menyambut baik dipilihnya Lumajang, Situbondo, Bondowoso dan Jember menjadi tuan rumah Porprov VII 2021. Menurutnya, jika porprov tahun ini diadakan di wilayah barat, maka akan adil bila dua tahun lagi dilaksanakan di timur.

“Jadi, kalau mengacu pada wilayah, maka sudah pas kalau porprov dua tahun mendatang digelar di Lumajang, Situbondo, Bondowo dan Jember. Ke depannya lagi, akan dipikirkan daerah mana yang siap menyelenggarakan porprov,” ujarnya.@fredy