Trending News

17 Aug 2019
Menag Lukman Hakim dan Gubernur Khofifah sambut CJH Kloter 1 di Surabaya
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menemui calon jamaah haji (CJH) kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Surabaya di Asrama Haji Sukolilo, Jumat (05/07/2019). FOTO: sarifa-LICOM
HEADLINE JATIM RAYA

Menag Lukman Hakim dan Gubernur Khofifah sambut CJH Kloter 1 di Surabaya 

LENSAINDONESIA.COM: Menteri Lukman Hakim Saifuddin bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut kedatangan calon jamaah haji (CJH) kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Surabaya di Asrama Haji Sukolilo, Jumat (05/07/2019).

Sebanyak 450 orang CJH dari Kabupaten Magetan ini rencanannya akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah pada Sabtu 6 Juli dini hari.

Menag Lukman Hakim mengatakan dihadapan para CJH bahwa ada sejumlah perbaikan fasilitas untuk jamaah haji yang bisa dinikmati mulai tahun 2019 ini.

“Ada yang paling baru yang belum ada tahun sebelumnya, jamaah haji tahun ini. Semua jamaah haji selama di Makkah akan tinggal satu zonasi khusus dari Jawa Timur. Zonasi ini kita kelompokkan berdasarkan embarkasi provinsi, dulu kan terpisah-pisah,” kata Menag Lukman di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Menurutnya, dengan fasilitas zonasi ini maka jamaah akan mudah bertemu dengan kenalan atau kerabat sedaerah. Petugas yang membantu juga diterapkan zonasi kedaerahan. Sehingga kendala bahasa bisa terbantu dengan sistem ini.

Hal lainnya, yaitu untuk pertama kali disediakan AC di tenda-tenda di Arafah. Sebelumnya fasilitas yang tersedia hanya kipas angin saja.

“Ini dilakukan selain untuk mengantisipasi musim panas juga demi peningkatan kualitas layanan untuk jamaah haji agar ibadahnya semakin khusyuk,” ujarnya.

Selain itu, ada pula peningkatan pelayanan dimana petugas kloter seluruhnya mulai tim pembimbing, dokter dan perawat sudah menggunakan aplikasi dalam melaporkan aktivitas di kloternya masing-masing.

Berbeda dengan selama ini yang laporannya dilakukan secara manual. Sistem itu menyulitkan dan kurang akurat, maka tahun ini Kemenag mengefektifkan sistem laporan mengguakan aplikasi online.

“Dan mulai tahun ini ada layanan bagasi. Akan ada petugas yang mengatur dan mengangkut koper jamaah dari pesawat sampai bandara, hingga diantar ke hotelnya. Para jamaah nggak usah repot urus kopernya. Insya Allah akan tiba di hotelnya masing-masing,” tegasnya Menag.

Sementara, Gubernur Khofifah menyebut para CJH ini adalah duta bangsa. Selama di Makkah, Madinah, hingga kelak kembali ke tanah air mereka adalah duta bangsa.

“Karena panjenengan (anda, red) adalah duta bangsa, maka tolong semuanya dijaga sebagai satu kesatuan dan perwakilan bangsa. Jika nanti ke toko belanja bertemu orang di sana sampaikan bahwa persaudaraan antar umat Islam dan antarumat beragama di Indonesia berjalan baik,” pesan Khofifah.

Lantaran jamaah dari Indonesia dan khususnya dari Jawa Timur jumlahnya besar, maka bisa menjadi juru bicara pada dunia tentang membangun Islam rahmatan lil alamin adalah sangat penting. Khususnya pada CJH yang bisa berkomunikasi menggunakan bahasa arab.

“Jika tidak mengganggu kekhusyukan ibadah penjenengan semua, maka sampaikan bahwa umat Islam di Indonesia bersaudara dengan sangat baik,” kata orang nomor satu di Jatim ini.

Tak lupa, Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini juga mengajak para CJH untuk melantunkan kalimat talbiah. Dan mengingatjan seluruh CJH agar menjaga kesehatan selama di tanah suci agar ibadahnya berjalan lancar dan menjadi ibadah haji yang mabrur.

Jumlah CJH dua kloter pertama yang datang di Asrama Haji Sukolilo ini berasal dari Magetan sebanyak 450 orang. Ditambah dengan 5 orang petugas yang akan mendampingi selama di tanah suci.

Tak hanya dari Magetan, CJH yang dijadualkan masuk ke Asrama Haji adalah Kloter II dari Ngawi sebanyak 315 orang, Ponorogo sebanyak 62 orang dan Kota Surabaya sebanyak 68 orang.@sarifa

CAPTION: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menemui calon jamaah haji (CJH) kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Surabaya di Asrama Haji Sukolilo, Jumat (05/07/2019). FOTO: sarifa-LICOM

Related posts