Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Terapkan DO Online, Pelindo III mampu minimalisir biaya logistik hingga 30 persen
Bisnis

Terapkan DO Online, Pelindo III mampu minimalisir biaya logistik hingga 30 persen 

LENSAINDONESIA.COM: Minimalisir biaya logistik hingga 30 persen, Pelindo III terapkan layanan pengiriman pesan elektronik (Delivery Order Online/DO Online) barang impor di seluruh terminal peti kemas kelolaannya.

Doso Agung, Direktur Utama Pelindo III mengatakan, khusus layanan DO Online peti kemas domestik, perusahaan pelayaran cukup upload dokumen Delivery Order sesuai format yang ditentukan melalui aplikasi Anjungan (anjungan.pelindo.co.id).

“Berikutnya sistem akan melakukan validasi kesesuaian antara dokumen excel yang di-upload dengan nomor kontainer yang ditunjuk,” ujar Doso di Surabaya, Kamis (04/07/2019).

Dibanding sebelum berlaku DO Online, lanjutnya, pengguna jasa wajib datang ke kantor pelabuhan untuk mengajukan permohonan penerbitan DO Online. Kemudian mengantre untuk mengajukan permohonan barang/peti kemas dan kapal. Hal ini menyebabkan waktu dan biaya operasional tidak efektif.

“Adanya Sistem DO Online ini, proses layanan pengeluaran peti kemas dari terminal menjadi lebih lancar. Sebab verifikasi dokumen dilakukan secara otomatis. Keamanan atas data juga terjamin dari pemalsuan sebab dokumen DO di-entry langsung oleh perusahaan pelayaran sebagai pihak bertanggung jawab mengeluarkan dokumen DO,” papar Doso.

Ia menambahkan, sistem DO Online ini menyederhanakan prosedur layanan menjadi lebih cepat dan murah. Sehingga akan mampu menurunkan biaya logistik di pelabuhan. Penerapan sistem ini memang tak mudah, karena tidak semua Perusahaan Pelayaran memiliki tenaga IT khusus untuk menerapkannya. Namun Pelindo III berkomitmen untuk selalu meningkatkan layanan jasa kepelabuhanan untuk mempermudah Perusahaan Pelayaran melalui mekanisme upload dokumen excel via website Anjungan Pelindo III.

“Efisiensi biaya operasional antara 20 persen hingga 30 persen dari Sistem DO Online ini bisa dirasakan langsung oleh pengguna jasa, kami berharap layanan ini akan semakin mudah dan aman bagi seluruh stakeholder jasa kepalabuhanan,” pungkas Doso.@Rel-Licom

Baca Juga:  125 pelanggan IndiHome ini masing-masing dapat Rp 10 juta, caranya?

Foto: Suasana layanan kepelabuhanan di lingkungan Pelindo III, ilustrasi-istimewa