Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini tsunami untuk wilayah Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut).
Peringatan tsunami ini menyusul terjadinya gempa bumi berkekuatan 7 skala richter yang mengguncang wilayah Ternate, Malut.

Berdasarkan data permodelan BMKG, wilayah Sulut yang berpotensi tsunami ialah Kota Bitung dengan status siaga. Lalu, Bolaangmongodow bagian selatan, Minahasa Utara bagian selatan, Minahasa Selatan bagian selatan, dan Minahasa bagian Selatan, masing-masing berstatus waspada.

Sementara wilayah Malut yang berpotensi tsunami ialah kota Halmahera dengan status waspada. Lalu Tidore dan Ternate juga berstatus waspada.

Gempa berkekuatan 7 skala richter (SR) mengguncang Ternate, Maluku Utara. Pusat gempa berada di darat 133 kilometer (km) Barat Daya Ternate

Gempa terjadi pada Minggu, 7 Juli 2019 sekitar pukul 22.09 WIB. Kekuatan gempa hingga kedalaman 36 km. Titik koordinat gempa berada pada 0,54 Lintang Utara (LU), 126 , 19 Bujur Timur (BT).

Belum diketahui kondisi terkini di lokasi terdampak gempa, serta apakah ada kerusakan atau tidak.@LI-13