Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Puan dan Moeldoko soal Rizieq jadi syarat rekonsiliasi: Kan pergi sendiri, kok dipulangin?
Ketua Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab. FOTO: Istimewa
HEADLINE DEMOKRASI

Puan dan Moeldoko soal Rizieq jadi syarat rekonsiliasi: Kan pergi sendiri, kok dipulangin? 

LENSAINDONESIA.COM: Wacana pemulangan Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai syarat rekonsiliasi politik setelah Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 masih menjadi perbincangan.

Politisi PDI Perjuangan Puan Maharani pun memberikan tanggapan mengenai permintaan kubu Prabowo Subianto itu. Menurut Puan, kepulangan Rizieq semestinya dilakukan bukan karena permintaan. Sebab, kata dia, keberangkatan Rizieq ke Arab Sudi atas kemauannya sendiri.

“Orang pergi sendiri, terus jadi kita harus yang minta pulang?” ujar Puan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (09/07/2019).

Menurut Puan, kepulangan Rizieq semestinya dilakukan bukan karena permintaan. “Orang pergi sendiri, terus jadi kita harus yang minta pulang?” kata Puan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 9 Juli 2019.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko juga memiliki pendapat yang sama dengan Puan. Mantan Panglima TNI ini menyarankan agar Rizieq pulang sendiri ke Indonesia.

“Ya pulang sendiri saja. Kalau enggak beli tiket, tar baru gua beliin,” kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Bogor seperti dikutip Tempo, Selasa (09/07/2019).

Moeldoko mengaku heran dengan ramainya permintaan pemulangan Rizieq yang kini berada di Mekkah, Arab Saudi. Sebab, kata Moeldoko, sejak awal Rizieq pergi atas kemauannya sendiri. Bukan karena diusir pemerintah.

“Ya siapa yang pergi, siapa yang pulangin. Kan pergi pergi sendiri, kok dipulangin? Gimana sih? Emangnya kami yang ngusir? Kan enggak,” katanya.

Sebelumnya, Juru bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mensyaratkan kepulangan Rizieq Shihab sebagai proses rekonsiliasi politik setelah Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019.

Dahnil menilai rekonsiliasi politik harus disertai dengan berhentinya kriminalisasi terhadap para pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Ini pandangan pribadi saya, bila narasi rekonsiliasi politik mau digunakan, agaknya yang paling tepat beri kesempatan kepada Habib Rizieq kembali ke Indonesia,” kata Dahnil melalui akun Twitternya, @Dahnil Anzar pada Kamis, 4 Juli 2019.

Baca Juga:  Melompat dari lantai 5, pengedar narkoba di Surabaya tewas terbentur tangga

Dahnil mempersilakan cuitannya dikutip. Ia akan menyampaikan usul kepada Prabowo Subianto agar persoalan kepulangan Rizieq Shihab juga dibahas jika kelak bertemu Jokowi, pemenang dalam Pilpres 2019.

Diketahui, Rizieq Shihab kini bermukim di Mekkah, Arab Saudi. Dia berangkat ke Mekkah sejak terjerat kasus chat mesum. Kasus ini dihentikan pada Juni 2018, tetapi Rizieq belum juga kembali ke tanah air.

Dalam sejumlah kesempatan, Prabowo Subianto berjanji akan menjemput Rizieq pulang jika ia menang pemilihan presiden 2019.@LI-13

CAPTION: Ketua Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab. FOTO: Istimewa