Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Nutrilon beberkan cara pembentukan karakter pada anak
HEALTH

Nutrilon beberkan cara pembentukan karakter pada anak 

LENSAINDONESIA.COM: Nutricia salah satu produsen susu instant Nutrilon Royal hadirkan Raise Them Ready Roadshow di Surabaya yang merupakan kota kedua sebagai ajang berbagi inspirasi dan edukasi melalui talkshow dan family date bersama dokter anak dan psikolog.

Ajang ini membahas pentingnya asupan nutrisi, stimulasi, dan aktifitas bermakna (purposeful exposure) agar si anak menjadi karakter tangguh di masa depan.

Jeannette Giovani, Brand Manager Nutrilon Royal mengatakan, cepatnya perkembangan dunia saat ini, ketangguhan si kecil tidak harus bergantung dari fisik saja, namun juga dibutuhkan stimulasi tepat dan pengembangan karakter yang kuat.

“Nutrilon Royal meyakini bahwa proses belajar paling efektif dengan praktek langsung, maka Raise Them Ready Roadshow hadir di Surabaya agar para orangtua bisa langsung belajar dari ahlinya. Mereka mendampingi anak menjadi berani hadapi ketakutannya, dan belajar adaptasi situasi asing, ujar Jeannette kepada awak media, Minggu (14/07/2019).

Di waktu yang sama, dr. Mira Irmawati, Sp.A, Dokter Spesialis Anak juga menyampaikan, banyak faktor penting berperan pada perkembangan seorang anak.

Dari Genetik, nutrisi, lingkungan termasuk stimulasi, merupakan faktor yang perlu diperhatikan oleh orangtua. Stimulasi ini sangat penting sebab mendukung perkembangan anak untuk memastikan kematangan fungsi tubuhnya seperti motorik halus, motorik kasar, bahasa, sosial & kemandirian, fisik, kreativitas, hingga *erkognitif, ” terang dr. Mira.

Ia menambahkan, perlu diperhatikan juga stimulasi yang melibatkan multi-sensorik dan besar kemungkinan anak akan terpapar kuman dan benda asing lainnya. Untuk itu, pemberian kegiatan bermakna perlu diikuti bagi daya tahan tubuh yang kuat dan kemampuan berpikir baik agar mampu mengeksplorasi lingkungan dan mempelajari berbagai hal baru.

“Sistem daya tahan tubuh yang baik bisa dibangun sejak awal melalui pemenuhan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya, tegas Mira.

Baca Juga:  Pneumonia jadi pembunuh balita tertinggi ke 2 di Indonesia, ini solusinya!

Ajeng Raviando, Psi. , M.Si, Psikolog Anak & Keluarga, juga menekankan pentingnya penanaman karakter sejak dini.

Karakter tangguh sejak usia dini akan mempersiapkan si Kecil guna menghadapi perubahan dan situasi tertentu dalam hidup seperti kegagalan, stress, tantangan, lingkungan baru, yang tentunya akan memberikan pengalaman hidup bermakna bagi mereka, tutur Ajeng.

Menurutnya, ada lima karakter tangguh yang harus diasah sejak dini yaitu berani, mandiri, gigih, adaptif, mudah dan banyak akal.

“Penyajian kegiatan bermakna bisa dilakukan dan disesuaikan setiap fase usia anak. Misalnya, usia 1 tahun ke atas, anak bisa diajak bermain di luar ruangan, usia 2-3 tahun anak bisa diajarkan berbagai kemampuan baru seperti naik sepeda dan berenang, lalu pada usia 4-6 tahun anak bisa diajak berjalan-jalan ke alam terbuka seperti gunung dan pantai,” jelas Ajeng.

Ada prinsipnya, kekebalan tubuh yang baik, para ibu tak perlu khawatir memperkenalkan stimulasi terutama di luar ruangan untuk pembentukan karakter tangguh si kecil.@Rel-Licom

Foto: (dua dari kiri ke kanan) Jeannette Giovani, Brand Manager Nutrilon Royal, Ajeng Raviando, Psi. , M.Si, Psikolog Anak & Keluarga dan  dr. Mira Irmawati, Sp.A, Dokter Spesialis Anak saat talk show Raise Them Ready Roadshow oleh Royal Nutrilon di Surabaya, Minggu (14/07/2019). Eld