Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Usia 107 tahun, Nenek Sumiati jadi calon jamaah haji tertua se-Jatim
Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab saat menamui Sumiati, calon jamaah haji (CJH) tertua se-Jatim asal Kabupaten Jombang, Senin (15/07/2019) siang. FOTO: obi-LICOM
HEADLINE JATIM RAYA

Usia 107 tahun, Nenek Sumiati jadi calon jamaah haji tertua se-Jatim 

LENSAINDONESIA.COM: Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab mengunjungi rumah Sumiati, calon jamaah haji (CJH) tertua di Dusun Bakalan, Desa Pulorejo, Kecamatan Ngoro, Jombang, Senin (15/07/2019) siang.

Kunjungan Bupati Munjidah ini untuk menanyakan perihal kondisi kesehatan seorang nenek tersebut yang sudah berusia 107 tahun.

Sumiati tercatat sebagai CJH tertua. Bukan hanya di Kabupaten Jombang melainkan CJH tertua se-Propinsi Jawa Timur.

“Kami sangat hormat kepada Ibu Sumiati atas kesabaran dan ketabahannya hingga usia 107 tahun bisa berangkat haji. Alhamdulillah, sejauh ini ibu Sumiati dalam kondisi sehat. Dengan usia seratus tahun lebih, semangatnya masih luar biasa. Insya Allah proses ibadah hajinya bisa dilaksanakan dengan baik,” tutur Munjidah Wahab.

Nenek Sumiati yang sudah dikaruniai 4 cucu ini tergabung di kelompok terbang (kloter) 53 embarkasi Surabaya. Ia berangkat haji dengan anak keduanya.

Sesuai jadwal, Nenek Sumiati akan berangkat ke tanah suci Mekkah pada 23 Juli mendatang.

Saat berbincang-bincang dengan Bupati Jombang, Nenek Sumiati mengaku resepnya bisa panjang umur dan sehat adalah istiqomah dalam ibadah rajin sholat Tahajud tiap malam. “Inggih (iya) setiap hari sholat Tahajud,” ucapnya kepada Mundjidah.

Sumiati mengungkapkan, rutinitas Tahajud itu sudah ia lakukan sejak 30 tahun lalu. “Sampun (sudah) 30 tahun,” tuturnya.

Kepala Seksi Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang, Salim Bassawad mengatakan, sejauh ini kondisi kesehatan Nenek Sumiati cukup sehat sehingga memenuhi syarat untuk berangkat ibadah haji.

Salim menyampaikan, beberapa waktu lalu nenek kelahiran 1 Juni 1912 itu sempat menjalani perawatan di rumah sakit selama 5 hari. Namun kesehatan Sumiati pulih kembali.

“Kondisi beliau sehat dan berdasarkan rekomendasi Dinas Kesehatan, Ibu Sumiati layak untuk berangkat haji,” ujarnya saat mendampingi Bupati Jombang.@Obi

Baca Juga:  Ini strategi menteri Jonan jaga stabilisasi migas negara

CAPTION: 
Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab saat menamui Sumiati, calon jamaah haji (CJH) tertua se-Jatim asal Kabupaten Jombang, Senin (15/07/2019) siang. FOTO: obi-LICOM