Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Akui bermain ponsel sepanjang sidang berlangsung, hakim PN Surabaya: Saya jenuh dan ngantuk
Hakim Pengadilan Negeri Surabaya, Julien Mamahit sibuk bermain telepon selular saat sidang berlangsung, Selasa (16/07/2019). FOTO: rofik-LICOM
HEADLINE JATIM RAYA

Akui bermain ponsel sepanjang sidang berlangsung, hakim PN Surabaya: Saya jenuh dan ngantuk 

LENSAINDONESIA.COM: Hakim Pengadilan Negeri Surabaya Julien Mamahit mengelak disebut sibuk bermain telepon selular (ponsel) sepanjang sidang berlangsung. Ia mengaku, bahwa dirinya bermain ponsel karena tidak ada sidang.

“Mana ada sidang waktu saya main handphone? Tidak ada itu. Apa kalian yakin waktu itu ada sidang,” elak Julien saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (17/07/2019).

Bahkan ketika wartawan mencoba menjelaskan, bahwa ia terlilhat asyik bermain ponsel dari awal hingga akhir sidang perkara perusahaan makanan tanpa izin dengan terdakwa So Phek Bie pada Selasa 16 Juli 2019 kemarin, Julien pun tetap mengelak. “Tidak ada sidang itu,” kilahnya.

Namun setelah wartawan mengatakan bahwa pada sidang kemarin itu, Julien bertindak sebagai hakim anggota, ia baru mengakui bahwa dirinya memang bermain ponsel. Menurutnya, hal itu dilakukan karena dirinya tengah jenuh dan mengantuk.

“Oh iya. (persidangan) jaksanya yang cewek itu, waktu itu saya mengantuk makanya saya main handphne, dari pada saya tertidur dalam sidang,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Hakim Rohmad langsung menyela wawancara untuk membela rekan sejawatnya. Ia mengatakan, bahwa hakim main Handphone dalam sidang adalah semata-mata untuk membaca undang-undang perkara yang disidangkan.

“Jangan diartikan itu hanya bermain-main, tapi siapa tahu waktu itu membaca undang-undang perkara yang disidangkan,” ucap Rohmad.

Mendengar ucapan Rohmad, Julien pun buru-buru menimpali dengan mengatakan bahwa saat sidang perkara So Phek Bie itu dirinya membuka ponsel karena keperluan membaca undang-undang serta melihat jadwal sidang selanjutnya. “Saya di situ (main ponsel) mambaca Undang-undang dan sebagai bahan untuk mengambil putusan,” sebutnya.

“Saya itu dari pagi sudah sidang, saya sudah tua dan mau pensiun makanya supaya tidak ngantuk buka handphone tapi tidak untuk main-main, lagian saya sudah tua apa yang mau dimainkan,” tambahnya.

Baca Juga:  Atasi kebakaran Gunung Arjuno, Pemprov dan BNPB kerahkan Heli Water Bombing

Seperti diberitakan sebelumnya, Hakim Pengadilan Negeri Surabaya, Julien Mamahit tampak sibuk bermain telepon selular saat sidang berlangsung, Selasa (16/07/2019).

Julien Mamahit selaku hakim anggota, terlihat bermain-main ponsel sejak dimulainya sidang kasus perusahaan makanan tanpa izin dengan terdakwa So Phek Bie hingga berakhir.

Ulah ‘kurang profesional’ Hakim Julien Mamahit itu pun menjadi sorotan beberapa pengunjung sidang dan media.

“Itu Hakimnya sibuk main ponsel terus dari tadi,” sebut salah satu pengunjung.

Sementara ketua Majelis Hakim Slamet dan hakim Anggota Jihad Akranuddin juga tampak tidak memberikan teguran terhadap Julien Mamahit.

Ketua Pengadilan Negeri Surabaya Nur Syam saat dikonfirmasi melalui ponselnya terkait tidak profesionalnya bawahannya tersebut, enggan memberikan komentar.@rofik

CAPTION: Hakim Pengadilan Negeri Surabaya, Julien Mamahit sibuk bermain telepon selular saat sidang berlangsung, Selasa (16/07/2019). FOTO: rofik-LICOM