Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
DKPP berhentikan Ketua Bawaslu Surabaya
Ketua Panwaslu Kota Surabaya, Hadi Margo Sambodo. FOTO: LICOM
HEADLINE DEMOKRASI

DKPP berhentikan Ketua Bawaslu Surabaya 

LENSAINDONESIA.COM: Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir dan pemberhentian dari jabatan ketua kepada Hadi Margo Sambodo selaku ketua merangkap anggota Bawaslu Surabaya.

Sanksi berdasarkan hasil sidang DKPP ini tertuang dalam keputusan RI Nomor 87-PKE-DKPP/V/2019 yang dibacakan DKPP di Jakarta, Rabu (17/07/2019).

Keputusan itu diambil karena Hadi Margo dinilai melanggar kode etik penyelenggara pemilu.

Selain terhadap Hadi Margo, DKPP juga menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir kepada teradu IV Muhamamad Agil Akbar selaku anggota Bawaslu Surabaya. Menjatuhkan sanksi peringatan kepada teradu II Yaqub Baliyya, teradu III Usman dan teradu V Hidayat yang masing-masing sebagai anggota Bawaslu Surabaya.

DKPP juga memerintahkan Bawaslu RI untuk melaksanakan putusan tersebut terhadap Teradu I (Hadi Margo) paling lambat tujuh hari sejak putusan dibacakan.

DKPP juga memerintahkan Bawaslu Jatim untuk melaksanakan putusan tersebut terhadap Teradu II (Yaqub Baliyya), Teradu III (Usman), Teradu IV (Aqil Akbar) dan Teradu V (Hidayat) paling lambat tujuh hari sejak putusan dibacakan.

Seperti diketahui, pengaduan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu yang dilayangkan Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Whisnu Sakti Buana terhadap ketua dan empat anggota Bawaslu Surabaya.

Laporan dilakukan terkait dugaan skandal antara pihak Bawaslu Surabaya dengan salah seorang caleg dari PKB yang maju ke tingkat DPR RI.@LI-13

CAPTION: Ketua Panwaslu Kota Surabaya, Hadi Margo Sambodo. FOTO: LICOM

Baca Juga:  Irwan  ditunjuk jadi Ketua DPW PKS Jatim gantikan Arif Setiawan