Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Program Pemprov Jatim ikut kompetisi pelayanan publik PBB, Khofifah terima penghargaan
MenPAN RB Syafruddin saat menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa acara Penganugerahan Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 di Semarang, Kamis (18/07/2019) malam. Penghargaan ini diberikan atas masuknya 4 program inovasi pelayanan publik Pemprov Jatim yang lolos sebagai peserta United Nations of Public Service Awards (UNPSA) 2019. FOTO: LICOM
Birokrasi

Program Pemprov Jatim ikut kompetisi pelayanan publik PBB, Khofifah terima penghargaan 

LENSAINDONESIA.COM: Empat inovasi pelayanan publik yang dikembangkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur berhasil lolos sebagai peserta kompetisi United Nations of Public Service Awards (UNPSA) tahun 2019.

UNPSA merupakan organisasi bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menggelar kompetisi pelayanan publik tingkat internasional setiap tahun.

Atas prestasi itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Syafruddin memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara Penganugerahan Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 di Semarang, Kamis (18/07/2019) malam.

Mendapat penghargaan, Gubernur Khofifah mengaku sangat senang dan itu membuktikan Pemprov Jatim terus mengupayakan sejumlah inovasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakatnya. “Alhamdulillah penghargaan ini atas kinerja para teman-teman OPD yang terus semangat untuk melakukan perbaikan dan inovasi untuk masyarakat Jawa Timur,” ungkap Khofifah pada LICOM di Surabaya, Jumat (19/07/2019).

Keempat inovasi tersebut adalah Jalin Matra, Underwater Restocking, Ayo Kerja dan simPADU-PMI. Inovasi Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (Jalin Matra PFK) merupakan inovasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jatim.

Inovasi ini dilakukan sebagai intervensi terhadap banyaknya perempuan dengan tingkat kesejahteraan 10% terendah (desil 1) yang jadi kepala rumah tangga dikarenakan telah bercerai, suami meninggal, atau memiliki suami difabel/cacat sehingga tidak bisa melakukan aktivitas produktif dan sebatang kara.

Untuk inovasi Underwater Restocking merupakan inovasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya ikan yang terus menurun akhir-akhir ini. Inovasi yang dilakukan di wilayah perairan Jatim ini dilakukan untuk memulihkan mata rantai ekosistem melalui penebaran benih ikan di dasar laut dengan cara menyelam dan menebarkan benih ikan langsung ke dalam area rumah ikan pada kedalaman sekitar 10 hingga 15 meter.

Baca Juga:  Selama ini kelompok radikal "membajak" agama untuk dijadikan pembenaran aksi mereka

Sementara, inovasi Ayo Kerja dan SimPADU-PMI merupakan inovasi dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim. Inovasi ‘Ayo Kerja’ ini menyajikan layanan informasi, bimbingan konseling dan penempatan kerja yang dipadukan dengan pengembangan petugas fungsional pengantar kerja beserta layanan berbasis teknologi informasi. Terdapat berbagai layanan di ‘Ayo Kerja’ seperti bursa kerja online, konsultasi karir online, job matching dan bursa kerja bulanan (mini job fair).

Inovasi simPADU-PMI (Sarana Informasi dan Pelayanan Terpadu Pekerja Migran Indonesia) merupakan layanan yang berisikan sarana informasi, konsultasi dan pengaduan yang terintegrasi dengan layanan pelatihan/sertifikasi serta Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) pekerja migran Indonesia. Inovasi ini dikembangkan berdasarkan kondisi layanan penempatan dan perlindungan pekerja migran selama ini.

Program simPADU-PMI ini diharapkan mampu mengurangi keterbatasan akses informasi kerja ke luar negeri, membantu adanya kepastian alur, waktu dan transparansi biaya layanan dokumen melalui sarana Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA). Juga sebagai upaya pemberdayaan pekerja migran Indonesia yang purna tugas untuk pengelolaan remitansi dan aktivitas ekonomi secara produktif melalui program Pro Empowerment.@sarifa

CAPTION: MenPAN RB Syafruddin saat menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa acara Penganugerahan Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 di Semarang, Kamis (18/07/2019) malam. Penghargaan ini diberikan atas masuknya 4 program inovasi pelayanan publik Pemprov Jatim yang lolos sebagai peserta United Nations of Public Service Awards (UNPSA) 2019. FOTO: LICOM