Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
500 mahasiswa Surabaya berebut beasiswa Djarum Foundation
Seleksi seleksi Djarum Beasiswa Plus 2019/2020 di JX International Surabaya pada Selasa (23/07/2019) diikuti 500 mahasiswa. FOTO: sarifa-LICOM
EDUKASI

500 mahasiswa Surabaya berebut beasiswa Djarum Foundation 

LENSAINDONESIA.COM: Djarum Foundation kembali menggelar seleksi Djarum Beasiswa Plus 2019/2020. Tes seleksi ini diikuti sekitar 500 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Surabaya.

Mulai dari Universitas Airlangga, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Surabaya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Carvey Dominique Sando mengatakan, peluang ini merupakan pintu masuk bagi para mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk memperoleh beasiswa berupa dana beasiswa dan rangkaian pelatihan keterampilan lunak (soft skills) selama satu tahun penuh.

Untuk kota Surabaya, proses seleksi Djarum Beasiswa Plus 2019/2020 digelar di JX International Surabaya pada Selasa (23/07/2019).

“Proses seleksi di Surabaya ini merupakan satu rangkaian dari 50 kota di seluruh Indonesia. Secara nasional, jumlah mahasiswa yang daftar program Djarum Beasiswa Plus lebih dari 15.000 mahasiswa,” ungkapnya pada LICOM.

Ia menjelaskan beberapa persyaratan dasar yang harus dipenuhi calon peserta Djarum Beasiswa Plus berasal dari perguruan tinggi yang bermitra dengan Djarum Foundation, memiliki IPK minimal 3,00 pada semester III serta aktif berorganisasi.

“Dalam proses seleksi ini para peserta akan mengikuti rangkaian tes yang menitikberatkan pada kemampuan untuk berpikir kritis (critical thinking). Peserta yang berhasil lolos harus mengikuti tes lanjutan yakni Group Assignment Test (GAT) serta wawancara individu,” papar Carvey.

Pada program Djarum Beasiswa Plus, penerima beasiswa Beswan Djarum, lanjut dia, akan menerima beragam soft skills seperti Character Building yang bertujuan untuk membentuk karakter enam kualitas dasar seperti keingintahuan, inisiatif, kegigihan, adaptabilitas, kepemimpinan dan kesadaran akan isu sosial serta budaya.

Baca Juga:  BJ Habibie wafat, Gubernur Khofifah ajak warga Jatim kirim doa

Lalu, ada pula Leadership Development yang melatih para Beswan Djarum menjadi pemimpin yang visioner, komunikatif dan mampu menggerakkan masyarakat ke arah yang lebih baik.

Beswan Djarum juga mendapat kesempatan menunjukkan kompetensi mereka dengan berbagai kompetisi seperti Writing Competition dan Vlog Competition hingga bisa ikut program International Exposure yang memberikan kesempatan mengikuti berbagai kegiatan kompetisi berskala internasional.

“Dengan beragam soft skills yang ada dalam Djarum Beasiswa Plus ini, kami berharap di masa mendatang Indonesia memiliki generasi yang semakin berkualitas sehingga bisa membawa bangsa ini semakin maju dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lainnya,” tutup Carvey.

Selain Surabaya, seleksi Djarum Beasiswa Plus di kawasan Jawa Timur juga dilakukan di Jember, Malang dan Sumenep. Tes serupa dilakukan pula di Indonesia bagian Timur seperti di Papua, Ambon & Maluku, Sulawesi serta Bali & Nusa Tenggara.@sarifa

CAPTION: Seleksi seleksi Djarum Beasiswa Plus 2019/2020 di JX International Surabaya pada Selasa (23/07/2019) diikuti 500 mahasiswa. FOTO: sarifa-LICOM