Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.  
Trump tunjuk anggota kongres dari Texas gantikan petinggi intelijen AS yang mengundurkan diri
Presiden AS Donald Trump. (foto: istimewa)
Amerika

Trump tunjuk anggota kongres dari Texas gantikan petinggi intelijen AS yang mengundurkan diri 

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menunjuk John Ratcliffe, anggota Kongres dari Texas untuk menggantikan Dan Coats, Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (DNI) yang mengundurkan diri.

Ratcliffe adalah salah satu politikus yang pasang badan untuk Trump terkait investigasi dugaan intervensi Rusia dalam Pemilu AS 2016 oleh Penyelidik Khusus, Robert Mueller.

“Saya sangat senang mengumumkan bahwa anggota Kongres yang sangat dihormati, John Ratcliffe dari Texas. akan dinominasikan oleh saya untuk menjadi Direktur Intelijen Nasional,” cuit Trump di twitter-nya, Senin (29/07/2019).

Dilansir dari laman BBC. Trump dan Coats kerap silang pendapat terkait penyelidikan kasus Mueller. Inilah penyebab Coats mengundurkan diri.

Selama ini, Dan Coats sebagaibDirektur Intelijen Nasional Amerika Serikat, membawahi seluruh 16 badan intelijen negara.

Dan Coats menjadi satu dari sekian banyak pejabat tinggi pemerintahan AS yang hengkang dari jabatannya pada era Presiden Donald Trump.

Sang presiden mengatakan Ratcliffe akan memimpin dan “menginspirasi kebesaran bagi negara” yang dia cintai.

Sementara itu, Coats dalam surat pengunduran diri kepada Presiden Trump pada Minggu, 28 Juli 2019 waktu setempat, mengatakan bahwa “komunitas intelijen AS telah lebih kuat” selama masa kepresidenan Trump dua setengah tahun terakhir.

“Sebagai hasilnya, saya sekarang percaya sudah saatnya bagi saya untuk pindah ke bab berikutnya dalam hidup saya,” tulisnya.

Coats mengatakan pada Februari 2019 bahwa Donald Trump telah memintanyia untuk tetap di jabatannya, namun perbedaan mereka pada kebijakan luar negeri kadang-kadang tampak tidak dapat didamaikan, sebutnya.@LI-13

CAPTION: Presiden AS Donald Trump. FOTO: istimewa

Baca Juga:  Pakde Karwo mundur dari Ketua DPD Demokrat Jatim, Khofifah atau Emi penggantinya?