LENSAINDONESIA.COM: Bupati dan Wakil Bupati Jombang Hj. Munjidah Wahab-Sumrambah beserta masyarakat menggelar tahlil dan doa bersama memperingati tujuh hari wafatnya, KH Maimoen Zubair, Rabu (14/08/2019).

Turut mengundang dan hadir Putra ke 10 almarhum KH Maimoen Zubair yakni KH Idror Maimoen.

Tahlil dan doa bersama yang dihelat di Pendopo Kabupaten ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Jazuli beserta seluruh jajaran Pemkab Jombang. Sejumlah tokoh juga hadir dalam kegiatan doa diantaranya, Ketua MUI Jombang KH Cholil Dahlan, Pengasuh Ponpes Tahfidz Quran Perak KH Masduki dan sejumlah pengasuh Ponpes di Jombang.

Acara kirim Doa dan Tahlil 7 Hari Wafatnya KH. Maimoen Zubair tersebut diawali dengan penampilan Qosidah dari Tim Hadrah As Syafaat Ngoro Alumni Sarang. Selanjutnya pembacaan Yasin dipimpin oleh KH. Masduki Abdurrahman Al Hafidz.

Dalam doa bersama Tokoh masyarakat Jombang dan ratusan Jamaah, juga santri ini sangat khusyuk. Sebelum Tahlil, undangan dan jamaah yang hadir bersama melihat profil Almargfurlloh KH. Maimoen Zubair dalam video yang diputar.

Dalam profil tersebut diceritakan tentang sosok KH Maimoen Zubair yang dikenal ulama yang santun dan belajar berbagai bidang ilmu kepada Ulama di Indonesia dan Tanah hijaz Timur Tengah. Pada umur 21 tahun, Mbah Maimoen Zubair melanjutkan belajar ke Makkah Mukarromah.

Perjalanan ini, Maimoen Zubair didampingi oleh kakeknya sendiri, yakni Kiai Ahmad bin Syuáib. Di Makkah, Kiai Maimun Zubair mengaji kepada Sayyid Alawi bin Abbas al-Maliki, Syekh al-Imam Hasan al-Masysyath, Sayyid Amin al-Quthbi, Syekh Yasin Isa al-Fadani, Syekh Abdul Qodir al-Mandaly dan beberapa ulama lainnya.

Kiai Maimoen juga meluangkan waktunya untuk mengaji ke beberapa ulama di Jawa, di antaranya Kiai Baidhowi, Kiai Ma’shum Lasem, Kiai Bisri Musthofa (Rembang), Kiai Wahab Chasbullah (Jombang, Kiai Muslih Mranggen (Demak), Kiai Abdullah Abbas Buntet (Cirebon), Syekh Abul Fadhol Senori (Tuban), dan beberapa kiai lain.

Hadir mewakili keluarga Ponpes Al Anwar Sarang, KH Idror Maimoen berterima kasih kepada Bupati Jombang, Wakil Bupati Jombang, para Kyai dan Ibu Nyai seluruh pondok pesantren di Jombang, terutama kepada Ibu Bupati putri Almarghfurlloh KH Wahab Chasbulloh, juga kepada masyarakat yang hadir mengirimkan doa dan tahlil.

“Saya sangat berterima kasih, kepada Bupati Ibu Munjidah dan Wakil Bupati Mas Rambah, Pak Kiai dan Ibu Nyai, juga masyarakat Jombang,” tutur Gus Idror.

Dalam sambutannya diceritakan oleh KH. Idror Maimoen bagaimana ayahnya semasa hidup begitu cinta dan bangga dengan Kabupaten Jombang dan para tokoh agama yang ada. Kabupaten Jombang merupakan bumi Umminya (Ibu) yang melahirkan Ulama Ulama di Nusantara, Jombang banyak sekali Pesantren yang menjadi rujukan.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab sebelum menyampaikan sambutannya, terlebih dahulu menyerahkan sebuah kenang kenangan berupa foto Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama Almarghfurlloh keluarga KH Maimoen Zubair dan istri beliau dalam pertemuan terakhir di kediaman Pesantren Al Anwar, Sarang, Rembang.

Menurut Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Kyai Maimoen Zubair merupakan Kyai Yang Cinta Bangsa dan Tanah Airnya, Kyai yang Hubbul Wathon Minal Iman. Dengan nada sesenggukkan, dan merasa sangat kehilangan Hj Mundjidah Wahab bercerita mengenang masa-masa kebersamaan kyai Kharismatik bersama Ayahandanya, Almarghfurlloh KH Wahab Chasbulloh.

“Kenapa kita menggelar acara ini, karena kita semua adalah santrinya, beliau adalah guru kita. Beliau adalah Kiai yang sangat menghormati siapapun,” tutur Hj. Mundjidah Wahab, dalam sambutannya dan menceritakan ketauladanan Kiai Alim dan Kharismatik yang bisa di warisi oleh masyarakat Jombang.

Acara Kirim Doa Dan Tahlil tujuh hari wafatnya KH Maimoen Zubair juga menjadi silaturahim para Kyai dan Ibu Nyai masyarakat dengan KH, Khusen Ilyas yang memberikan ceramahnya pada malam itu.

Dalam dakwah hikmah yang disampaikan KH Khusen Ilyas juga banyak menceritakan bagaimana keakraban dan kedekatan beliau dengan KH Maimoen Zubair. Doa penutup dipimpin oleh Ketua MUI Jombang KH. Cholil Dahlan.@adv/obi