Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pelindo III – PT Garam salurkan dana Rp 97 juta untuk air bersih di Kupang
Saat pelepasan peserta jalan sehat memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (16/08/2019). Ist
CSR

Pelindo III – PT Garam salurkan dana Rp 97 juta untuk air bersih di Kupang 

LENSAINDONESIA.COM: BUMN Pelindo III kerjabareng PT Garam menggelar jalan sehat memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (16/08/2019).

Ribuan warga Kupang dan keluarga besar BUMN berkumpul di GOR Flobamora. Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore mengibarkan bendera keberangkatan dan memimpin jalan sehat dengan rute sepanjang 5 kilometer melintasi Gedung Sasando yang menjadi bangunan ikonik Kantor Gubernur NTT.

“Kegiatan Jalan Sehat bersama ribuan warga Kota Kupang merupakan wujud nyata komitmen BUMN Hadir untuk Negeri. Pelindo III sebagai BUMN yang mengelola Pelabuhan Tenau Kupang dan juga BUMN PT Garam yang memiliki lahan produksi garam di NTT, menjadi penyelenggara kegiatan dan sekaligus sebagai silaturahmi dengan warga Kupang dan masyarakat kebanyakan,” ujar Staf Khusus 5 Menteri BUMN, Herdy Harman.

Ia menambahkan, sebagai rangkaian pelaksanaan BUMN Hadir untuk Negeri, Pelindo III dan PT Garam juga menyalurkan Bantuan Bina Lingkungan (CSR) berupa instalasi sumur dan saluran sumber air bersih.

“Berbentuk pembuatan sumur bor sumber air bersih, lengkap dengan fasilitas tandon penyimpanan air sebelum didistribusikan ke warga desa. Bantuan senilai Rp 97 juta tersebut disalurkan untuk Desa Kuanheum, Kupang Barat, yang berada tak jauh dari Pelabuhan Tenau Kupang yang dikelola oleh Pelindo III,” tandasnya.

Tetua adat desa setempat, Felipus Buan, mengucapkan rasa terima kasihnya pada BUMN saat Herdy Harman meninjau ke lokasi bantuan.

“Sebelum ada bantuan (fasilitas sumber air), kami harus membeli air yang per tangkinya mencapai Rp 100 ribu dengan kualitas air yang tidak selalu baik. Padahal, tak hanya untuk mandi dan kasih minum ternak, namun juga untuk minum keluarga kami. Maka bantuan (fasilitas sumber air dari Pelindo III dan PT Garam) ini seperti berkat Tuhan. Nantinya, warga desa akan dikumpulkan untuk bermusyawarah terkait pemanfaatan dan pemeliharaan,” terang Felipus.

Baca Juga:  PDIP Jatim gelar fit and proper test 126 calon kepala daerah

Sementara itu, Direktur Teknik Pelindo III Joko Noerhudha menyatakan, warga yang tinggal di sekitar setiap pelabuhan yang dikelola Pelindo III, merupakan salah satu pemangku kepentingan penting di pelabuhan.

“Karenanya, perhatian selalu diberikan melalui berbagai Program Bina Lingkungan sesuai arahan Kementerian BUMN dan instansi terkait. Bisnis akan bisa berjalan lancar dan berkelanjutan, jika masyarakat sekitar wilayah operasional BUMN juga bisa merasakan langsung manfaat positif hadirnya BUMN di lingkungan mereka,” tegas Joko.

Di gelaran Jalan Sehat tersebut, warga berkesempatan memenangkan grandprize berupa 1 unit sepeda motor. Selain itu, juga disediakan doorprize, seperti smartphone dan televisi. Di momen ya g sama, juga digelar aneka lomba khas 17 Agustus-an.@Rel-Licom