Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Ini strategi menteri Jonan jaga stabilisasi migas negara
Pengeboran minyak lepas pantai, ilustrasi istimewa.dsm
EKONOMI & BISNIS

Ini strategi menteri Jonan jaga stabilisasi migas negara 

LENSAINDONESIA.COM: Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Husky-CNOOC Madura Ltd. (HCML) dalam sehari mampu mengirim 120.000 gas di jarlur gas kota untuk keperluan rumah tangga di Pasuruan, dari komitmen sebesar 0,2 MMSCFD.

Hal tersebut merupakan bentuk komitmen mendukung program dari Menteri ESDM Ignasius Jonan.
Vice President Operation HCML Perkasa Sinagabariang menyampaikan, wujud dari komitmen tersebut yakni diresmikan jaringan gas kota di Pasuruan saat April 2019 lalu.

“Kita bagian dari ESDM bersemangat sebab bisa bersinergi untuk mewujudkan kekayaan alam ini dimanfaatkan rakyat Indonesia khususnya penduduk di Pasuruan yang ada di sekutar area kami,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Lensaindonesia.com, Minggu (18/08/2019).

HCML juga meresmikan Fasilitas Kantor Baru Gas Metering Station di Semare Kecamatan Kraton, Pasuruan. Peresmian dilakukan dengan simbolis pemotongan pita kembang.

Staf Ahli Komisi Pengawas SKK Migas, Sahat Pardede saat membacakan pidato Menteri ESDM Ignasius Jonan menjelaskan, kebijakan pengelolaan energi di Indonesia yang berwujud di kegiatan-kegiatan sektor ESDM sebagai upaya mengamalkan sila kelima Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kementerian ESDM mewujudkannya di bidang energi, melalui pengutamaan perluasan akses dan menjaga harga energi yang terjangkau. Anggaran Kementerian ESDM didominasi untuk belanja infrastruktur rakyat seperti Jaringan Gas Kota (Jargas).

“Konverter kit LPG untuk Nelayan, Lampu Tenaga Surya Hemat Energi, Sumur Bor untuk Daerah Sulit Air telah dilakukan. Sementara subsidi energi empat tahun terakhir dialihkan untuk belanja pada sektor yang lebih produktif,” ucap Sahat membacakan pidato menteri Jonan.
ESDM berkontribusi 53,5 persen untuk PNBP
Sektor ESDM berperan besar bagi pendapatan nasional, pada 2018 sektor ESDM menyumbangkan 53,5 persen PNBP Nasional. D

Baca Juga:  FTF Returnees jadi pembicaraan Kepala BNPT saat bertemu Perwakilan Tetap RI PBB di Jenewa

Di tahun 2018, realisasi PNBP Sektor ESDM mencapai 181 persen (Rp217,8 Triliun) dari target APBN sebesar Rp120,5 Triliun. Sektor ESDM juga meningkatkan investasi nasional sebesar US$323 miliar pada 2018, dimana sebelumnya US$27,5 miliar pada 2017.

“Sejumlah program diterapkan oleh Kementerian ESDM melalui APBN maupun swasta untum pengelolaan energi nasional, antara lain, Sub Sektor Minyak dan Gas Bumi, dengan meliputi BBM 1 harga, hingga kini sejumlah 165 titik telah beroperasi di seluruh wilayah NKRI (target hingga akhir 2019 sejumlah 170 titik),” imbuh Sahat.

Konverterk kit untuk nelayan dan petani, terealisasi 25.000 unit. Konverter kit untuk nelayan pada 2018 dan ditargetkan penambahan 13.305 unit untuk nelayan dan 1.000 unit untuk petani pada 2019.

JaringanGas Kota, untuk memberikan akses energi seluas-Iuasnya bagi masyarakat hingga tahun 2018 tersambung 463.440 Sambungan Rumah (SR) dan ditingkatkan menjadi 541.656 SR di akhir tahun 2019.

Masih pada pidato Jonan, guna menjaga produksi minyak dan gas bumi serta peningkatan peran nasional dalam pengelolaan migas nasional, pemerintah telah mengalih kelola blok migas seperti Blok Mahakam (Blok gas terbesar) dan Blok Rokan (Blok minyak terbesar) ke PT Pertamina dan Pengembangan proyek migas strategis, yakni Jangkrik dan Jambaran Tiung Biru, serta keputusan pengembangan Blok Masela.

“Untuk sektor Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rasio elektrifikasi hingga semester I 2019 telah mencapai 98,81 persen dan akan terus ditingkatkan menjadi 99 persen hingga akhir tahun 2019,” papar Sahat.

Pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi untuk rumah tidak berlistrik serta Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) sebagai salah satu upaya meningkatkan rasio elektrifikasi pada daerah yang belum dilayani PLN.

Baca Juga:  Gelar Wisuda ke-23, STIAPAS targetkan SDM mandiri dan profesional

Lalu pengembangan Biofuel melalui Program mandatori BBN Jenis biodiesel sebagai campuran BBM Jenis Minyak Solar pada sektor PSO, Non-PSO, Industri dan Komersial, serta Pembangkit Listrik tahun 2018 telah berhasil menghemat devisa sebesar US$1,88 Miliar (Rp26,51 Triliun) dari pengurangan impor BBM.

Pemerintah Indonesia telah resmi kuasai mayoritas saham Freeport ditandai dengan terbitnya lzin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) pada tanggal 21 Desember 2018.@Rel-Licom