Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
8 ribu Mahasiswa Baru UI bangun replika logo makara dari sampah botol plastik
Kegiatan Awal Mahasiswa Baru (KAMABA), Universitas Indonesia (UI) menggelar Kampanye Program Cinta Kampus. (Humas dan KIP UI)
EDUKASI

8 ribu Mahasiswa Baru UI bangun replika logo makara dari sampah botol plastik 

LENSAINDONESIA.COM: Sebagai rangkaian Kegiatan Awal Mahasiswa Baru (KAMABA), Universitas Indonesia (UI) menggelar Kampanye Program Cinta Kampus untuk mengobarkan semangat mahasiswa baru UI agar sadar dan berkomitmen penuh menjaga kualitas lingkungan hidup demi tercapainya kelestarian lingkungan dan ekosistem.

Sejumlah rangkaian kegiatan dalam Kampanye Program Cinta Kampus UI (PCK UI) yaitu Bangunan Replika Logo Makara UI Terbesar dari Sampah Botol Plastik – Ecobrick serta Tarian Pilah Sampah oleh Penari Terbanyak yang diikuti oleh 8.523 mahasiswa baru UI pada Jumat (23/8) di Lapangan Rotunda UI kampus Depok.

Para mahasiswa baru UI bersama dengan Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, Ketua MWA UI Saleh Husin, Ketua Senat Akademik UI Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, MSc., MPHil., Ph.D, Ketua Iluni Arief Budhy Hardono, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Rosa Vivien Ratnawati, SH, MSD, serta jajaran pimpinan universitas dan fakultas, sekolah maupun program se-UI berpartisipasi dalam aksi PCK UI yang terdiri atas Deklarasi Jasa Marga – UI Duta Bersihkan Sampah Plastik, Tarian Pilah Sampah, Membangun Replika Logo Makara UI dari Sampah Botol Plastik – Ecobrick, serta kegiatan menanam pohon di wilayah kampus UI Depok, melepas ikan dan membersihkan sampah di 6 Danau UI.

Dalam Deklarasi, Prof. Anis mengajak segenap sivitas akademika dan warga UI untuk bersama-sama Berkomitmen untuk bijak mengonsumsi plastik dengan cara meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari; Membiasakan diri untuk melakukan aktivitas pilah sampah dalam menjaga kebersihan lingkungan; Berkomitmen untuk mendukung dan terus memperbaiki manajemen pengelolaan sampah yang ada secara berkelanjutan, dengan mengembangkan sistem pengolahan sampah yang baik; Meningkatkan kesadaran untuk mencintai alam dengan melindungi hutan Indonesia guna menjaga pasokan oksigen di dunia bagi generasi yang akan datang.

Baca Juga:  Pemkot Surabaya serahkan bantuan delapan kepala keluarga korban kebakaran

“UI sudah menunjukkan komitmennya menjaga lingkungan hidup dengan mencanangkan gerakan kampus hijau atau disebut UI GreenMetric sejak tahun 2010 yang telah mendunia, UI juga merupakan kampus dengan udara tersejuk serta terhijau di Indonesia, mari kita selaku warga UI bersama-sama menjaga lingkungan hidup adalah bentuk syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan sebuah keharusan bagi setiap generasi. Sebagai mahasiswa yang merupakan agen perubahan bangsa, mari kita mulai untuk menjaga lingkungan di sekeliling kita agar less waste, less pollution” ujar Anis.

KAMABA UI 2019 yang mengambil tema “Cinta Tanah Air: Jiwa Raga Kami” ini berlangsung sepanjang bulan Agustus 2019 dengan rangkaian kegiatan seperti Pengenalan Sistem Akademik Universitas dan Etika Akademik; Latihan Paduan Suara untuk kegiatan Wisuda UI; Orientasi Belajar Mahasiswa; Upacara Proklamasi Kemerdekaan; Orientasi Kehidupan Kampus; Program Cinta Kampus dan Penampilan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).@licom