LENSAINDONESIA.COM: Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo mengimbau pihak asuransi yakni PT Jasa Raharja dan PT Jasa Raharja Putra segera mencairkan asuransi bagi para korban terbakarnya kapal motor (KM) Santika Nusantara di Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur pada Kamis (22/08/2019) lalu.

Menurut Bambang Haryo, asuransi inilah yang sedang dibutuhkan oleh para korban, baik korban selamat maupun korban meninggal yang dilaporkan total penumpang yang berhasil dievakuasi sebanyak 311 orang, termasuk 3 orang lainnya ditemukan meninggal dunia.

“Asuransi ini sangat penting sekali, baik itu Jasa Raharja maupun Jasa Raharja Putra. Saya apresiasi seluruh pihakndalam penanganan terbakarnya KM Santika Nusantara. Itu tolong segera realisasikan baik untuk kendaraan maupun penumpangnya. Ini yang saat ini sangat dibutuhkan,” ujarnya saat mendatangi Posko SAR Basarnas di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (26/08/2019).

Tak hanya itu, pihaknya juga mengapresiasi pihak operator pelayaran KM Santika Nusantara dalam pelayanan keselamatan saat kejadian kebakaran kapal. Termasuk upaya Basarnas dan Polisi Air yang terus melakukan proses pencarian korban dan bangkai KM Santika Nusantara.

“Dalam kasus terbakarnya kapal ini, saya apresiasi pihak pelayaran yang menyediakan life jacket dan life raft (pelampung) sampai mengembang dan sebagainya bagi semua penumpangnya. Jadi perusahaan pelayaran ini sudah memberikan pelayanan keselamatan terbaik. Begitu pula dengan Basarnas dan Pol Air saya apresiasi upaya mereka ini,” katanya.

Sementara, soal terbakarnya kapal, lanjut Bambang Haryo, identifikasinya karena truk yang diduga memuat barang yang berbahaya dan mudah terbakar. Padahal khusus itu sudah ada ketentuannya.

“Untuk semua pelabuhan, khususnya pelabuhan besar yang padat harusnya sidah menyediakan X-Ray untuk mengidentifikasi seluruh bawaan penumpang dan truk yang akan masuk kapal. Ini sangat perlu, kalau tidak ada ya jelas sangat rawan,” jelas politisi asal Dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo) ini.

Seperti diberitakan, KM Santika Nusantara tiba-tiba terbakar di sekitar utara perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Kamis (22/08/2019) malam, sekitar pukul 20.45 WIB.

KM Santika Nusantara yang terbakar membawa ratusan penumpang, yang jumlahnya sampai sekarang masih belum terkonfirmasi secara pasti. Kapal itu juga membawa 84 unit kendaraan berbagai jenis.@sarifa