LENSAINDONESIA COM: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyalurkan sejumlah 847.611 unit rumah hingga 26 Agustus 2019 lalu.

Hal ini merupakan bentuk impelementasi Program Satu Juta Rumah (PSR) yang sebelumnya dicanangkan oleh pemerintah.

“Dari Program satu Juta Rumah sampai dengan 26 Agustus 2019 sudah terealisasi sebanyak 847.611 unit rumah yang sudah divangun ,” terang Khalawi Abdul Hamid, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR di Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Ia menambahkan, program Satu Juta Rumah berjalan baik seiring investasi pemerintah untuk penyediaan perumahan bagi masyarakat terus meningkat tiap tahunnya.

“Tahun 2015-2018, program Satu Juta Rumah berhasil membangun sebanyak 3.54 juta unit. Lalu di tahun 2019, pemerintah menargetkan pembangunan PSR sebanyak 1.25 juta unit rumah,” tandasnya.

Nilai backlog dan rumah tidak layak huni masih besar, hal ini menjadi tugas berat untuk diwujudkan untuk penyediaan perumahan layak huni bagi masyarakat, khususnya yang berpenghasilan rendah (MBR).

“Pemerintah juga akan mendorong pembangunan rumah susun bagi ASN/TNI/Polri dan generasi milenial, pembangunan rumah swadaya sebagai homestay, rumah khusus untuk guest house, dan rumah susun di kawasan pariwisata serta kawasan industri, berikut inovasi Kebijakan Penyediaan Perumahan berupa Pembangunan Perumahan Berbasis Komunitas (P2BK) sekaligus mendorong Pembangunan Perumahan Skala Besar dengan konsep hunian berimbang,” tutup Khalawi.@L6,eld-Licom