LENSAINDONESIA.COM: Forum Wartawan Jakarta (FWJ) menggelar Gebyar Kemerdekaan RI ke 74, menutup Bulan HUT Proklamasi RI, di Lapangan IRTI Monas Jakarta, Sabtu malam ini (31/8/2019). Acara mengusung tema “Jakarta Bukan Sekadar Ibukota” ini, sekaligus menyambut Malam Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriyah.

“Perjuangan bangsa Indonesia bisa merdeka ini juga tidak terlepas dari peran para Ulama dan tokoh-tokoh muslim di zaman kolonial. Karena itu, FWJ dalam merayakan kemerdekaan menutup Bulan Proklamasi RI, sekaligus merayakan Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriyah,” kata Ketua FWJ, Mustofa Hadi Karya didampingi Sekretaris FWJ, Ichsan, Sabtu sore (31/8/2019).

Suasana gebyar kemerdekaan dan merayakan malam Tahun Baru Islam ini juga diramaikan bazar dengan melibatkan ratusan stand UKM di Ibukota. Gebyar Kemerdekaan ini berlangsung dua hari, hingga Minggu, 1 September 2019.

Opan menerangkan, FWJ sengaja memilih waktu penyelenggaraan Gebyar Kemerdekaan RI pada malam Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriyah, karena ingin membuka mindset masyarakat di Indonesia yang mayoritas beragama Islam, bahwa sangat penting mensyukuri tutup tahun 1443 Hijriyah, dan sekaligus menyambut 1 Muharram 1441 Hijriyah.

“Masyarakat Islam di Indonesia ini berlatar belakang berbagai budaya. Kalau Tahun Baru Masehi dirayakan dengan suka cita, tidak ada salahnya kita mengajak Umat Islam di tanah air yang berlatar belakang beragam budaya khas Nusantaran untuk merayakan Malam
Tahun Baru 1 Muharram ini dengan rasa optimistis menghadapi segala tantangan bangsa ini selama Tahun 1441 Hijriyah,” jelas Opan, panggilan akrab Mustofa Hadi Karya, dan ada pula yang memanggil Nopan.

Perhelatan gebyar Kemerdekaan malam ini dan Minggu besok, diramaikan 40 artis-artis Ibukota yang tergabung dalam Pesona Selebritis Indonesia. Para artis ini akan menghibur dalam kretaifitas seni musik, tari, dan teater.

“Kami juga mengadakan lomba foto karya jurnalistik dan pemberian penghargaan terhadap dua tokoh pers yang berjasa terhadap peran profesi wartawan di tanah air, khususnya di Jakarta,” tambah Ketua Panitia, yang akrab dipanggil Black.

Mengawali gebyar, Habib Ahmad Hudoro dipercaya FWJ untuk memimpin doa. Habib ini akan mengajak masyarakat yang hadir di acara ini untuk bersyukur kepada Allah Ta’ala atas rahmat kemerdekaan yang diberikan terhadap bangsa Indonesia.

“Habib Ahmad Hudoro juga akan memimpin doa menyambut Tahun Baru Islam, agar NKRI di tahun 1441 Hijriyah diberi rahmat data menghadapi segala tantangan, dan damai, serta dijauhkan dari segala bentuk rongrongan terhadap cita-cita para Syuhada atau Pejuang Kemerdekaan baik dari dalam maupun luar negeri,” jelas Opan. @fwj