LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III raih Platinum Winner (juara umum) untuk Kategori Best BUMN di ajang Anugerah Humas Indonesia 2019 (AHI 2019).

Ajang tersebut merupakan kompetisi para humas dengan penjurian lebih dari 100 portfolio karya kehumasan dari sekitar 50 kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN, dan BUMD.
Pelindo III total meraih 2 Gold Winner, 1 Silver Winner, dan 1 apresiasi ‘BUMN Terpopuler di Media Online 2019’.Sedangkan Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dinobatkan sebagai ‘Best Leader Supporting PR & Communications’ dan mendapatkan Gold Winner.

Satu Gold Winner lain disabet pada kategori ‘Website Pelayanan Informasi Publik Terinovatif’. Berikutnya 1 Silver Winner untuk kategori ‘Ruang Pelayanan Informasi Publik Terinovatif’.Dan data diambil dari monitoring pemberitaan di 3.100 media online di Indonesia sepanjang semester I tahun 2019.
Doso Agung menyampaikan, dua penghargaan pada AHI 2019 terkait kinerja Pelayanan Informasi Publik menjadi bukti konsistensi Pelindo III dalam mengomunikasikan kinerja sektor maritim kepada masyarakat.

“Sebagai BUMN operator pelabuhan yang terkoneksi dengan berbagai pemangku kepentingan lintas sectoral, Pelindo III aktif berkomunikasi baik melalui PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dan penyediaan fasilitas ruang layanan informasi. Hingga mengoptimalkan implementasi teknologi. Misalnya pengelolaan website dan kanal media sosial,” jelas Doso dalam keterangan resmi yabg diterima Lensaindinesia.com, Minggu (01/09/2019).

Ia menambahkan, untuk menjalankan tugas pengomunikasian kinerja perusahaan, humas berperan sebagai pelaksana Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG/good corporate governance) diantaranya berprinsip pada aspek transparansi. Selain itu, berkontribusi pada peningkatan maritime awareness (pemahaman pada dunia maritim) di masyarakat, khususnya generasi muda di Indonesia.

Fouder dan CEO PR Indonesia, institusi penyelenggara AHI 2019, Asmono Wikan mengungkapkan, di masa kini, humas merupakan bagian dari think tank (pemikir strategis) organisasi.

“Sebab kinerja humas berpotensi menjadi agregator kepentingan bisnis perusahaan. Maka dibutuhkan sinergi untuk membangun reputasi organisasi agar bisa terlaksana dengan optimal,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah menghimbau agar humas bisa turut membangun semangat kerja keras untuk negeri.
“Tentunya semangat membangun persatuan dan kesatuan bangsa. Termasuk upaya menetralisir hoaxes (kabar bohong), peran humas sangat penting,” tuturnya.@Rel-Licom