Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
DPRD Jatim bentuk tim penyusun Tatib
Wakil Ketua DPRD Jatim sementara, Fauzan Fuadi. FOTO: SARIFA-LICOM
HEADLINE PROOTONOMI

DPRD Jatim bentuk tim penyusun Tatib 

LENSAINDONESIA.COM: DPRD Jawa Timur mulai membentuk tim penyusun tata tertib (Tatib) DPRD. Pimpinan sementara dalam sidang paripurna, yakni Fauzan Fuadi mengatakan tim penyusun fraksi-fraksi telah terbentuk tanggal 5 September 2019 lalu. Setelah menyetujui usulan partai politik pemenang pemilu.

“Sekarang ini fraksi-fraksi menyetujui untuk membentuk tim yang menyusun tata tertib DPRD Jawa Timur,” kata Fauzan dari Fraksi PKB di Gedung DPRD Jatim, Senin (09/09/2019).

Tim penyusun Tatib, lanjut Fauzan, ada 29 anggota DPRD Jatim yang dilibatkan. “Tim ini berasal dari seluruh fraksi di DPRD Jatim yang telah diberi mandat oleh fraksi masing-masing,” paparnya.

Keputusan pembentukan tata tertib diharapkan segera berjalan. Sehingga fungsi dan kewenangan dewan Jatim bisa bersinergi dengan Pemprov Jatim.

Terkait surat pimpinan dewan, Fauzan Fuadi menambahkan, ada beberapa fraksi yang menyampaikan surat ke sekretariat dewan. Ada surat dari Fraks Gerindra dan Fraksi Demokrat. “Untuk Fraksi PDIP, Fraksi PKB dan Fraksi Golkar hari ini,” imbuh wakil rakyat yang baru menjabat ini.

Dikettahui, tahapan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Jatim berlanjut setelah fraksi terbentuk. “Kali ini yang mendapat kesempatan pertama adalah PDIP,” tandas pria yang juga Wakil Pimpinan DPRD Jatim sementara itu.

Tatib tersebut akan mencakup banyak hal. Termasuk penempatan anggota pada masing-masing komisi. Ada lima komisi di DPRD Jatim. Yakni Komisi A yang membidangi pemerintahan, Komisi B bidang ekonomi, Komisi C bidang keuangan, Komisi D bidang pembangunan dan Komisi E bidang kesejahteraan masyarakat.

Idealnya, setiap komisi memiliki jumlah anggota yang sama. Selain itu, penempatan anggota pada komisi sesuai dengan kompetensi. Mereka yang memiliki latarbelakang hukum, selayaknya berada di Komisi A.@sarifa

Baca Juga:  PDIP Jatim gelar fit and proper test 126 calon kepala daerah