Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Gandeng milenial, BPDP KS gelar Surabaya Amazing Race Sawit Hunt 2019
Surabaya Amazing Race Sawit Hunt 2019 di Monumen Kapal Selam, Surabaya, Sabtu (14/09/2019). FOTO: iwan-LICOM
Bisnis

Gandeng milenial, BPDP KS gelar Surabaya Amazing Race Sawit Hunt 2019 

LENSAINDONESIA.COM: Industri kelapa sawit masih menjadi penopang terbesar bagi perekonomian Indonesia. Karena itu, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS) menggelar sosialisasi kepada generasi muda melalui kegiatan Surabaya Amazing Race Sawit Hunt 2019 di Monumen Kapal Selam, Surabaya, Sabtu (14/09/2019).

Surabaya menjadi kota keempat lokasi kegiatan Amazing Race Sawit Hunt 2019 setelah sebelumnya digelar di Jakarta, Bogor, dan Yogyakarta.

Kepala Divisi Perusahaan BPDP Kelapa Sawit, Achmad Maulizal Sutawijaya mengharapkan, para peserta kegiatan ini bisa mendapat pemahaman yang baik tentang sektor kelapa sawit.
Sebagaimana diketahui, sawit dan produk-produk olahannya memiliki dampak positif terhadap Indonesia. Mulai dari sumbangan kepada ekonomi Indonesia, yakni kontribusi kepada devisa sekitar US$20,54 miliar pada tahun 2018. Ada pula dampak penyerapan tenaga kerja yang besar dari sektor ini. Paling tidak ada sekitar 25 juta jiwa yang hidup dari sawit.

“Saya berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Semoga para peserta kegiatan ini bisa mendapat pemahaman yang baik tentang kelapa sawit,” kata Maulizal.

Kegiatan Amazing Race Sawit Hunt 2019 merupakan kegiatan edukasi sekaligus mendorong kampanye positif tentang kelapa sawit yang menyasar para generasi milenial khususnya pelajar dan mahasiswa. Kampanye positif ini digelar karena masih banyak informasi keliru tentang kelapa sawit yang beredar di masyarakat.

Sementara itu, Ketua Bidang Komunikasi GAPKI Tofan Mahdi menilai, industri kelapa sawit juga memberikan manfaat.

“Yang perlu terus digaungkan kepada semua lapisan masyarakat adalah sawit telah memberikan manfaat bagi kita semua. Tidak hanya untuk Indonesia, tapi juga untuk dunia,” kata Tofan.

Generasi milenial dan generasi Z, lanjut Tofan, harus mendapatkan asupan informasi yang benar tentang kelapa sawit dan produk-produk turunannya. Para generasi muda harus tahu sejarahnya, perkembangan saat ini dan masa depannya.

Baca Juga:  Ini jumlah uang yang diamankan KPK dari OTT Bupati Lampung Utara

“Diharapkan ada awareness di kalangan anak milenial, kalangan generasi muda, bahwa sawit itu penting bagi ekonomi Indonesia dimasa depan,” ujar dia.

Karena kalau generasi muda tidak peduli terhadap sektor sawit, kata Tofan, sementara lawan-lawan Indonesia adalah negara-negara maju Eropa dan Amerika akan bersiap dengan berbagai isu.

“Dan mereka mendukung itu, anak muda mendukung berbagai kampanye negatif dari LSM asing itu. Ya cepat atau lambat industri sawit akan mati, itu yang kita enggak mau,” tutur dia.

Selain mendapatkan edukasi dan literasi tentang sawit, para peserta akan mendapatkan berbagai macam hadiah menarik. Ada total hadiah uang tunai senilai Rp5 juta untuk para peserta yang keluar sebagai pemenang di kegiatan games dan lomba Instagram.@wan