Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HUT Jatim ke-74, Khofifah bebaskan pajak motor dan mobil
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim Boedi Prijo bersama Ditlantas Polda Jatim dan Jasa Raharja Jatim mendukung pembebasan pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat Jatim di HUT Provinsi Jatim ke-74. FOTO: SARIFA-LICOM
HEADLINE PROOTONOMI

HUT Jatim ke-74, Khofifah bebaskan pajak motor dan mobil 

LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa siap menggelar rangkaian perayaan HUT Provinsi Jawa Timur ke-74 yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober.

Salah satunya, yakni menjalankan program pembebasan pajak kendaraan bermotor atau pemutihan pajak kendaraan bermotor mulai dari roda dua dan roda empat.

Program pembebasan pajak tersebut diluncukan bersamaan dengan acara Launching Peringatan HUT Provinsi Jawa Timur yang ke 74 di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Suabaya, Rabu (18/09/2019).

Khofifah mengatakan ini adalah kado dari Pemprov Jawa Timur yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

“Saya sampaikan program pemutihan ini adalah kado bersama dari kami bersama Polda Jawa Timur, dan Jasa Raharja. Kami juga sudah komunikasikan ini dengan DPRD,” ujar Khofifah.

Dijelaskan, program pemutihan ini berlangsung selama dua bulan lebih. Karenanya, orang bomor satu di Jatim itu berharap masyarakat Jawa Timur bisa memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya. Terutama bagi yang memiliki tunggakan membayar pajak kendaraan bermotor.

“Pemutihan ini akan berlangsung mulai tanggal 23 September 2019 hingga 14 Desember 2019. Selain bebas pajak kendaraan, juga bebas bea balik nama untuk kepemilikan kedua,” papar Khofifah.

Sasaran kebijakan Pembebasan Pajak ini adalah wajib pajak yang belum membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan belum melaksanakan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Obyek Pembebasan program ini adalah pembebasan sanksi administratif PKB dan BBNKB dan Pembebasan pokok BBN II dan seterusnya.

Program pemutihan pajak ini menjadi program yang ditunggu tunggu. Berdasarkan pelaksanaan program yang sama di tahun 2018 lalu, ada sebanyak 1.320.164 objek pajak yang memanfaatkan pemutihan.

Tahun 2018 lalu terdapat penerimaan pajak PKB sebesar Rp 596 miliar. Dengan jumlah pajak yang dibebaskan sebesar Rp 127 miliar. Dan ada penambahan 21.363 obyek baru pajak kendaraan bermotor yang berasal dari luar Provinsi Jawa Timur.@sarifa

Baca Juga:  Las Vegas Gadget Vaganza 2019 targetkan lepas 1.500 unit smartphone