Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Masih gelar kegiatan pasca dilebur, GM FKPPI Jatim kubu Agus Soerjanto di- deadline hingga Oktober 2019
Ketua GM FKPPI Jatim Ir. Agus Soerjanto (dua dari kanan) bersama politisi PDIP Ahmad Basarah di acara HUT FKPPI ke-41 di Istana Gebang Keluarga Bung Karno, Blitar, Jawa Timur, Sabtu (21/09/2019). FOTO: dok.LICOM
HEADLINE DEMOKRASI

Masih gelar kegiatan pasca dilebur, GM FKPPI Jatim kubu Agus Soerjanto di- deadline hingga Oktober 2019 

LENSAINDONESIA.COM: Acara peringatan HUT Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan dan Putra-putri TNI-Polri (FKPPI) ke-41 yang digelar Generasi Muda (GM) FKPPI Jawa Timur pimpinan Ir Agus Soerjanto di Istana Gebang Keluarga Bung Karno, Blitar, Jawa Timur, Sabtu (21/09/2019) menjadi pergunjingan kader internal FKPPI.

Pasalnya, organisasi GM FKPPI Jatim pimpinan Agus Soerjanto tersebut sudah dilebur dalam Keluarga Besar (KB) FKPPI sejak 2015 lalu.

“Benar, sesuai Munas IX FKPPI di Akmil Magelang dan Undang-Undang No 40 Tahun 2009 Tentang GM FKPPI yang dulu (pimpinan Agus Soerjanto) sudah dilebur dalam KB FKPPI,” kata Ketua GM FKPPI Jawa Timur, Satria Muhammad Adipratama kepada lensaindonesia.com di Surabaya, Minggu (22/09/2019).

Dijelaskan Satria, peleburan GM FKPPI tersebut sesuai hasil Munas IX FKPP dan UU 40/2009 Tentang Kepemudaan, dimana batasan usia anggota dan pengurus yang ditentukan adalah maksimal 35 tahun.

“Jadi karena itu GM FKPPI-nya beliau (Agus Soerjanto) sudah dilebur empat tahun lalu. Nah kemudian GM FKPPI yang sekarang ada batasan usia untuk menjadi anggota dan pengurus GM FKPPI yaitu maksimal 35 tahun,” kata pemuda 25 yang dilantik menjadi Ketua GM FKPPI Jatim pada 24 Agustus 2019 ini.

Terkait GM FKPPI Jatim pimpinan Agus Soerjanto yang masih menggelar kegiatan di Kota Blitar, Satria hanya memaklumi.

“Kami tidak ada masalah senior saya Pak Agus Soerjanto masih memakai nama GM FKPPI. Itu bukti semangatnya masih ada. Kami semua tahu, selama ini banyak sumbangsih dari beliau untuk GM FKPPI,” tuturnya.

Ketua Umum FKPPI Ponco Sutowo melantik Satria Muhammad Adipratama sebagai Ketua GM FKPPI Jatim pada 24 Agustus 2019. FOTO: dok.LICOM

Meski secara pribadi tidak terlalu mempermasalahkan keberadaan GM FKPPI kubu Agus Soerjanto, Satria tetap memberikan deadline atau tenggat waktu hingga Oktober 2019 kepada Agus Soerjanto untuk menyerahkan kepengurusan kepada KB FKPPI.

Baca Juga:  Penyerang Menko Polhukam Wiranto ditengarai terkait jaringan JAD

“Memang sejak dilebur empat tahun lalu sampai saat ini Pak Agus Soerjanto belum menyerahkan kepengurusannya. Bagi saya pribadi tidak masalah. Namun kami tetap menungu hingga Okteber nanti. Sebab sesuai aturan, kami ini yang sah menjadi pengurus GM FKPPI Jawa Timur,” ujar Satria.

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Daerah (PD) XIII FKPPI Jatim, Tony Hartono mengibau kepada seluruh kader FKPPI di Jatim agar patuh kepada hasil Munas IX FKPPI dan aturan-aturan organisasi yang mengikat.

Tony menegaskan, bahwa saat ini hanya ada satu GM FKPPI Jatim, yaitu GM FKPPI yang diketuai Satria Muhammad Adiptarama. “Jadi tidak ada dualisme GM FKPPI. Kami minta semua kader FKPPI Jatim agar tunduk dan patuh pada hasil Munas dan aturan organisasi. Kami juga berharap semua pihak bisa menahan diri,” imbaunya.

Menurut Tony, sesuai hasil Munas Munas IX FKPPI di Akmil Magelang, bahwa Keluarga Besar (KB) FKPPI memiliki tiga organisasi pendukung, yaitu; Wanita FKPPI, HIPWI dan GM FKPPI.
Untuk GM FKPPI, sesuai hasil Munas tersebut telah ditetapkan batasan usia, yaitu maksimal 30-35 tahun. “Penyesuaian usia ini sesuai dengan Undang-Undang Kepemudaan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, GM FKPPI Jawa Timur pimpinan Ir Agus Soerjanto yang sudah dilebur dalam KB FKPPI sejak 2015, masih menggelar kegiatan HUT FKPPI ke-41 di Istana Gebang Keluarga Bung Karno, Blitar pada 21-22 September 2019.

Dalam kegiatan itu, GM FKPPI Jatim kubu Agus Soerjanto mengundang politisi DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah untuk orasi kebangsaan.

Kegiatan ini sempat mendapat protes dari kader FKPPI Kota Blitar sebab FKPPI kepengurusan Agus Soerjanto sudah dilebur dalam KB FKPPI empat tahun lalu.@LI-13

Baca Juga:  Lapangan tenis dan futsal Kejati Jatim diresmikan