Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Mahasiswa Jombang tolak pengesahan RUU KPK
Ketua DPRD Jombang, Mas'ud Zuremi memenui Aliansi Mahasiswa Jombang yang berunjukrasa di halaman DPRD, Senin (23/09/2019). FOTO: obi-LICOM
AKTIVIS

Mahasiswa Jombang tolak pengesahan RUU KPK 

LENSAINDONESIA.COM: Puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jombang menggelar aksi unjuk rasa di halaman kantor DPRD dan Pemkab Jombang, Senin 923/09/20190.

Mereka menolak penetapan RUU KPK. Sebab, perubahan UU KPK inilai sebagai upaya pelemahan lebaga antirasuah tersebut.

Di gedung DPRD jalan Wahid Hasyim, Jombang aksi mahasiswa yang terdiri dari gabungan GMNI, HMI MPO dan HMI, KAMMI, dan IMAMA diterima langsung oleh Ketua DPRD Jombang Masud Zuremi dan anggota legislatif dari PKB Muhaimin.

Kordinator Aksi Mahasiswa, Shahdan mengatakan, bahwa ada empat tuntutan yang diajukan untuk segera ditindaklanjuti. “Jika tuntutan ini tidak ada tanggapan brarti dari Presiden dan DPR RI, maka massa aksi mahasiswa akan terus melanjutkan aksi yang lebih besar,” ujar aktivis GMNI Undar Jombang ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Jombang, Mas’ud Zuremi menyampaikan bahwa DPRD Jombang tidak mempunyai kewenangan. Namun demikian tuntutan akan kita lanjutkan ke DPR RI sebagai upaya mendukung gerakan mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi.

“Tuntutan yang disampaikan oleh mahasiswa ini dijanjikan bakal diteruskan ke DPR RI sebagai bahan masukan dari masyarakat. Karena dalam perundang-undangan dan tuntutan yang diajukan mahasiswa tersebut merupakan kewenangan DPR RI,”.

“Pada intinya mendukung upaya mahasiswa Jombang,” tambah Mas’ud usai menandatangi kain putih di depan kantor DPRD Jombang.@Obi

Berikut tuntutan Aliansi Mahasiswa Jombang :
1. Cabut RUU KPK

2. Menuntut Presiden dan DPR RI untuk segera mencabut RUU KPK yang melemahkan kinerja KPK

3. Meminta Presiden menerbitkan PERPU terkait pelemahan KPK yang sudah disahkan

4. Meminta MK mengabulkan judicial review terkait UU KPK yang dirancang sembarangan.