Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Warga Kelurahan Benowo Surabaya gelar tradisi Sedekah Bumi
Warga berebut gunungan berisi hasil bumi di acara Sedekah Bumi Kelurahan Benowo Surabaya. FOTO: Fredy-LICOM
Art & Culture

Warga Kelurahan Benowo Surabaya gelar tradisi Sedekah Bumi 

LENSAINDONESIA.COM: Ratusan warga RW 01 Keluarahan Benowo Surabaya menggelar Sedekah Bumi di halaman Pandansari, Minggu (22/09/2019).

Camat Benowo, Muslich Hariadi mengatakan, Sedekah Bumi ini merupakan tradisi yang telah digelar secara turun temurun oleh masyarakat Benowo sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Karena itu, lanjut dia, setiap di pelaksanaan sedekah bumi selalu disertai dengan tasyakuran.

“Ini adalah cara masyarakat manyampaikan rasa syukur terhadap Allah atas limpahan rahmad dan rizki. Masyarakat semua berkumpul dengan rukun. Acara ini digelar setiap tahun,” katanya.

Menurut Muslich, tradisi sedekah bumi sudah menjadi bagian dari masyarakat dan budaya Jawa. Sehingga dalam pelaksanaannya selalui dikemas dengan penampilan kesenian-kesenian tradisional.

Pada Sedekah Bumi kali ini, warga Benowo membuat tumpeng raksasa yang diarak dan dibagi-bagikan kepada semua orang yang hadir. Warga juga menggelar beraneka kesenian tradisional mulai dari tari-tarian, reyog dan pagelaran wayang kulit.

“Nah gunungan berisi macam-macam hasil bumi, lalu tumpeng raksasa dan aneka jajan pasar ini adalah simbol syukur atas keberkahan yang selama ini mereka dapatkan,” paparnya.

Ia berharap, tradisi yang diwariskan secara turun-temurun dari para leluhur ini dapat terus dilestarikan oleh generasi muda yang akan datang.@fredy

Baca Juga:  30 Negara ramaikan SIAL Interfood 2019 di JIExpo Kemayoran Jakarta