LENSAINDONESIA.COM: Sejumlah 180 exhibitor dari Taiwan dan menampilkan 190 booth di ajang Taiwan Expo 2019 yabg diselenggarakan Pemerintah Tauwan di Grand City Mall & Convex di Surabaya, Kamis (26/09/2019) hingga Minggu, (29/09/2019).

Gelaran ini melibatkan enam industri utama termasuk teknologi pintar, pendidikan, budaya, pariwisata hingga perawatan kesehatan dan makanan halal.

“Taiwan Expo 2019 kali ini menampilkan produk antariksa nasional Taiwan dan asosiasi pengembangan industri antariksa Taiwan. Penampilan dari lembaga antariksa Taiwan ini merupakan hadir perdana di gelaran ini,” ujar Deputy Executive Director of Taiwan External Trade Development Council (Taitra), Karen Pai usai press conference di lokasi pameran, Kamis (26/09/2019).

Taiwan juga memamerkan objek dan destinasi wisatanya, berikut ramah terhadap wisatawan muslim.

“Semoga hubungan kerjasama antara Indonesia dan Taiwan ini semakin banyak dan semakin berkembang,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Jawa Timur (Jatim) Aries Mukiyono menyampaikan, even seperti ini harus sesering mungkin digelar untuk mempererat hubungan Taiwan dan Indonesia, khususnya Jatim.

“Jatim berpotensi sangat besar. Jumlah penduduknya saja 40 juga. Ingat, Jatim juga pintu masuk pasar Indonesia timur yang total penduduknya mencapai 150 juta,” tegasnya.

Ia menambahkan, Taiwan Expo ini akan mempertinggi volume sirkulasi investasi dari Taiwan ke Jatim.

“Kami siap beri karpet merah pada investor Taiwan untuk berinvestasi di Jatim. Kami akan mudahkan perizinan selama persyaratan tersebut terpenuhi dengan baik,” pungkas Mukiyono.@Rel-Licom