Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
90 orang pengungsi dari Wamena dievakuasi ke Timika
Puluhan pengungsi dari Wamena dievakusai menggunakan Pesawat Herkules milik TNI AU ke Timika, Papua. FOTO: dok. Istimewa/LICOM
BALI / NTB / NTT / PAPUA

90 orang pengungsi dari Wamena dievakuasi ke Timika 

LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 90 orang pengungsi dari Wamena dievakuasi ke Timika, Jumat (27/09/2019).

Proses evakuasi pengungsi yang sebagaian berasal dari Jawa tersebut dilakukan dengan menggunakan Pesawat Herkules milik TNI AU.

Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Letkol (Pnb) Sugeng Sugiharto, membenarkan 90 orang pengungsi dari Wamena ke Timika diangkut menggunakan Pesawat Herkules milik TNI AU.

“Dari pihak pengungsi rencananya akan pulang ke Jawa. Namun sebagian akan ke keluarganya yang ada di Timika,” kata Danlanud di UPBU Mozes Kilangin, Jumat (27/09/2019).

Namun, menurut Letkol Sugeng, apabila ada pengungsi tidak ada keluarganya di Timika, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait selanjutnya dibuatkan posko sementara.

“Kalau mereka pulang ke Jawa, maka akan langsung diangkut dengan menggunakan Pesawat Herkules. Karenanya, kami masih koordinasikan lagi,” katanya.

Sementara menyangkut adanya pengusi susulan dari Wamena, Danlanud mengatakan, informasi yang didapat memang ada. Namun, jumlahnya belum bisa dipastikan.

“Nanti kamu koordinasikan kembali dengan pihak-pihak di Wamena, terkait adanya pengungsi susulan,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun Seputarpapua, total 95 pengungsi yang akan kembali ke kampung halaman, masing-masing ke Makassar sebanyak 19 orang, Biak 51 orang dan Semarang 25 orang.

Sebanyak 80 orang pengungsi lainnya akan menyusul diangkut dari Wamena ke Timika dan selanjutnya ditampung sementara di Posko Lanud Timika.@rofik

Baca Juga:  Buka Parade Surabaya Juang 2019, Risma: Jangan lupakan jasa pejuang