Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Para ahli pastikan hoax adanya air tertentu sembuhkan penyakit kronis, ini penjelasannya!
Para ahli memberi tanggapan adanya air jenis tertentu mamou sembuhkan penyakit kronis.di acara Hydrations Talk yang diselenggarakan Hydration Science PT. Tirta Investama (Danone-AQUA) kerja bareng IHWG dan Universitas Indonesia dan lembaga akademis lain di JW Marriot Hotel Surabaya, Senin (30/09/2019).eld
HEADLINE HEALTH

Para ahli pastikan hoax adanya air tertentu sembuhkan penyakit kronis, ini penjelasannya! 

LENSAINDONESIA.COM: Hydration Science PT. Tirta Investama (Danone-AQUA) kerja bareng IHWG dan Universitas Indonesia dan lembaga akademis lain memberikan edukasi terkait pentingnya minum air yang sehat.

Hal ini dilakukan lantaran marak beredar informasi hoax bahwa terapi menggunakan air kemasan dengan kadar zat tertentu sejens air alkali, air mineral hingga air demineral mampu menyembuhkan penyakit kronis dibanding mengikuti standard prosedur medis.

Bagi ahli seperti Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK menuelaskan, air berkadar tertentu juga ada yang bisa mematikan kanker sehingga banyak pasien lebih memilih terapi itu. Namun, ketika mereka kembali ke rumah sakit, stadium kankernya makin naik.

“Harusnya sejak awal kami tangani, dan itu pun tak berakibat lebih fatal tentunya. Kaminsangat menyayangkan hal ini, begitu mudahnya mereka percaya akan informasi yang belum jelas tanpa mengkonsultasikannya dengan para ahli di bidang,” tandas dr.Diana saat dijumpao di Surabaya, Senin (30/09/2019).

Ia menambahkan, air harus mengandung mineral guna mencukupi kebutuhan hidrasi. Lalu untuk air demineral, air dengan pH tinggi, maupun air berkadar tambahan oksigen, masih perlu kajian ilmiah lebih lanjut untuk diketahui apakah jenis-jenis air tersebut bisa berfaedah.

“Hingga kini belum terbukti secara klinis maupun ilmiah adanya jenis tipe air tertentu itu, apalagi mampu mehyembuhkan penyakit kronis. Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri juga belum mengakui kebenaran air jenis tertentu itu,” tambahnya.

Yang memprihatinkan, mengonsumsi air yang tidak mengandung mineral justru mampi meningkatkan risiko osteoporosis, hipertensi, serangan jantung, dan hipotiroid.

“Memilih air minum itu harus memenuhi hidrasi sehat, mengonsumsi air mineral biasa saja sangat bermanfaat mendukung upaya menjaga kesehatan tubuh, bahkan bisa dikatakan 80 persen info terkait air tertentu tersebut adalah hoax yang sudah tersebar di jalur sosmed,” tegas dr. Diana.

Baca Juga:  Surabaya Fashion Week 2019 optimis transaksi naik hingga 80 persen

Sementara itu, dr. Tria Rosemiarti, Director Hydration Science PT. Tirta Investama (Danone-AQUA) mengatakan, Danone-AQUA terus berkomitmen untuk mengedukasi guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia.

“Untuk memproduksi air mineral, Danone-AQUA berkomitmen menjaga kemurnian produk mulai dari sumber mata air, proses produksi, hingga kontrol kualitas di pasar. Kami juga mengajak masyarakat agar lebih jeli memilih jenis AMDK sesuai manfaat yang diharapkan,” ungkap dr. Tria.@Eld-Licom