Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
120 pengungsi kerusuhan Wamena tiba di Malang, Khofifah fasilitasi pemulangan ke daerah asal
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menemui pengungsi kerusuhan Wamena yang mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, Rabu (02/10/2019). FOTO: AJI-LICOM
HEADLINE JATIM RAYA

120 pengungsi kerusuhan Wamena tiba di Malang, Khofifah fasilitasi pemulangan ke daerah asal 

LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 120 orang pengungsi korban kerusuhan Wamena, Papua tiba di Kota Malang, Rabu (02/10/2019).

Para pengungsi yang dievakuasi dari Wamena menggunakan pesawat C 130 Hercules A-1305 milik TNI itu tiba di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang sekitar pukul 14.50 WIB.

Kedatangan ratusan pengungsi yang sebagian besar warga Jawa Timur ini disambut Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama para pejabat Forkopimda Malang Raya. Tampak Kapolres Malang Kota AKBP Dony Alexander dan Dandim Kota Malang Letkol Tommy Anderson.

Setelah dari Bandara Abdul Rachman Saleh mereka dikumpulkan di Bakorwil Malang untuk difasilitasi Pemprov Jatim untuk pulang ke tempat asalnya masing-masing.

Sesuai data, dari 120 warga itu sebanyak 105 orang dewasa. Sedangkan sisanya, 15 orang adalah anak-anak, termasuk Balita.

Mereka berasal dari Probolinggo,  Pasuruan, Bojonegoro, Jember dan Madura. Bahkan ada yang berasal dari Aceh Tenggara, Sumatera.

Para korban kerusuhan itu tampak lelah. Itu tak hanya secara fisik tapi juga psikis. Sehingga mereka langsung didata dan dicek kesehatannya.

Pengungsi kerusuhan Wamena tiba di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, Rabu (02/10/2019). FOTO: AJI-LICOM

Khofifah menyampaikan, setelah dilakukan pendataan dan cek kesehatan, para korban kerusuhan itu akan difasilitasi untuk kembali ke daerah asalnya masing-masing.

“Semua itu ditanggung Pemprov Jatim. Untuk itu mereka harus didata. Data-data tersebut sebagai konsesi bagi pusat, Kemensos dan para gubernur lain  yang membutuhkan data warganya,” kata dia.

“Sedangkan yang dalam kondisi sakit langsung dirujuk ke RSUD dr Soetomo Surabaya,” tambahnya.

Khofifah mengungkapkan, bahwa warga yang eksodus meninggalkan Wamena tidak hanya lewat Bandara Abdul Rachman Saleh Malang. “Sebab, siang tadi juga ada yang lewat Bandara Juanda, Sidoarjo,” katanya.@aji

Baca Juga:  Pebiliar Meris Hinson Juara Galaxy Cup National Open 2019