Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pertamina EP Asset 4 Cepu Field fasilitasi pengrajin batik dengan IPAL
Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Batik kepada Pengrajin Batik Pratiwi Krajan di Kelurahan Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah bantuan dari PT. Pertamina EP Asset 4 Cepu Field. Ist
CSR

Pertamina EP Asset 4 Cepu Field fasilitasi pengrajin batik dengan IPAL 

LENSAINDONESIA.COM: PT Pertamina EP Asset 4 Cepu Field salurkan bantuan berupa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Batik kepada Pengrajin Batik Pratiwi Krajan di Kelurahan Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah yang merupakan binaan Pertamina EP.

IPAL tersebut akan dibangun di Kelompok Batik Manggar di Desa Sumber Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora di momen Hari Batik Nasional.

Cepu Field Manager Afwan Daroni mengatakan, IPAL tersebut dibangun dengan kapasitas limbah cair sebanyak 20 M3 atau setara dengan 400 potong kain batik. Sistem pengolahan limbah mencakup ilmu Kimia, Biologi dan Fisika menggunakan biofilter dan arang.

“Air limbah yang dibuang ke lingkungan tersebut, sesuai aturan Permen KLHK nomor 5 tahun 2014 tentang ketentuan baku mutu air limbah industri tekstil,” jelas Afwan dalam keterangan resminya, Rabu (02/10/2019).

Selain bangunan IPAL, lanjutnya, Cepu Field juga memberi pelatihan pengoperasiannya berikut pengolahan daur ulang malam bekas yang bekerjasama dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta.

“Kita targetkan penggunaan daur ulang malam hingga 98% agar bersertifikat industri hijau. Nantinya bisa jadi batik ramah lingkungan,” tandasnya.

Afwan menambahkan, IPAL tersebut sudah sesuai standar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Ini bisa menjadi percontohan IPAL Batik di Wilayah Kabupaten Blora,” pungkasnya.@Rel-Licom

Baca Juga:  INDOFEST 2019 di Surabaya, kejar target transaksi hingga Rp 30 miliar