Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pengelolaan keuangan Kabupaten Jombang kembali raih opini WTP
Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menerima penghargaan opini WTP di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu 2 Oktober 2019. FOTO: humaspmkbjbg
Adv-News

Pengelolaan keuangan Kabupaten Jombang kembali raih opini WTP 

LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terkait Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Jombang tahun 2018 dari Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Penghargaan opini WTP ini diberikan langsung oleh Wakil Menteri Keuangan RI, Prof Dr. Mardiasmo, MBA, Akt kepada Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu 2 Oktober 2019.

Opini WTP adalah opini audit yang akan/telah diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material.

Jika laporan keuangan diberikan opini jenis ini, artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, perusahaan/pemerintah duanggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan.

Penghargaan dan apresiasi ini diberikan kepada para bupati dan aparaturnya yang telah melakukan audit keuangan dan melakukan pelaporan tepat pada waktu.

Atas capaian yang telah diraih Pemkab Jombang tersebut, Bupati Hj. Mundjidah Wahab mengaku sangat bersyukur, dan tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada kinerja seluruh OPD di lingkup Pemkab Jombang.

Menurutnya, ini merupakan capaian yang luar biasa. Penghargaan opini WTP berhasil dipertahankan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang. Dan tahun ini merupakan capaian WTP yang keenam kalinya.

“Alhamdulillah, Kabupaten Jombang kembali mendapatkan predikat WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah TA. 2018. Semoga kinerja Pemerintah Kabupaten Jombang kedepan semakin baik, senantiasa amanah dan mampu membawa kemaslahatan bagi masyarakat Jombang. Tentu saja kita akan terus menyempurnakan laporan keuangan secara baik dan transparan, serta akuntabel,” tutur Hj. Mundjidah Wahab.

Disampaikan Mundjidah, bahwa capaian Opini WTP yang diperoleh Pemkab Jombang ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara pihak Eksekutif, Legislatif serta dukungan dan doa restu seluruh masyarakat Kabupaten Jombang.

Baca Juga:  Pemkot Surabaya sulap rawa jadi taman Mozaik yang instagramable

“Saya juga menyampaikan ucapan banyak terimakasih atas kerja keras semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Jombang, pencapaian ini harus dipertahankan dan harus lebih ditingkatkan lagi, semoga prestasi ini mampu mendorong akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih,” harapnya.

Opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran laporan keuangan daerah untuk mewujudkan penyelenggaraan keuangan yang akuntabel.

Agenda Penganugerahan Penghargaan Pemerintah Republik Indonesia
Terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota Di Jawa Timur TA. 2018 pada 2 Oktober 2019 Di Grahadi Surabaya tersebut diawali dengan pemberian santunan kepada anak yatim oleh Wamenkeu RI, didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.@Obi/ Advetorial Humas dan Protokoler Pemkab Jombang