Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
17 Oktober 2019, pengusaha bisa ikut sertifikasi Jaminan Produk Halal
Sosialisasi terkait proses sertifikasi Jaminan ProduknHalal (JPH). Ist
EKONOMI & BISNIS

17 Oktober 2019, pengusaha bisa ikut sertifikasi Jaminan Produk Halal 

LENSAINDONESIA.COM: Mulai 17 Oktober 2019 mendatang, para pelaku usaha sudah bisa memperoleh sertifikasi Jaminan Produk Halal (JPH).

Sesuai Amanah UU No. 33 Tahun 2014 tentang JPH memang bersifat wajib (mandatory) bagi setiap pelaku usaha yang memproduksi, mendistribusikan dan memperdagangkan produk makanan, minuman, obat, kosmetik, barang gunaan, produk kimia, biologi dan rekayasa genetik.

Wakil ketua Halal Institute, H. SJ Arifin mengatakan, ketentuan halal ini justru untuk membangkitkan ekonomi usaha berjangka menengah maupun panjang.

“Trend ekonomi halal sedang naik, bahkan tumbuh pesat seiring dengan menguatnya ekonomi umat Islam. Nah, tingggal para pelaku usaha itu apakah siap dengan segala ketentuannya? Jangan sampai dengan adanya aturan ini makin mempersulit mereka,” papar Arifin saat dikonfirmasi, Sabtu (05/10/2019).

Ia menambahkan, khusus untuk produk makanan dan minuman, konsep halal itu bukan sekadar perkara syariah, namun juga kebersihan, kehati-hatian, hiegienis dan kesehatan.

“Makanan halal kelak harus identik sehat, karena faktanya salah satu sumber penyakit terbesar adalah dari makanan. Untuk itu, namanya kan halalan thayyiban, halal dan baik. Baik itu hiegienis, bersih dan sehat. Ini saja sudah satu kelebihan yang akan membuat makanan halal kelak akan lebih diminati masyarakat, muslim maupun non muslim” tandas Arifin.

Terkait kesiapan para pelaku usaha, menurut Arifin masih banyak kesalahpahaman yang muncul sebab kurangnya sosialisasi dan rendahnya literasi halal.

“Itu kan hanya syakwasangka. Menduga-duga karena belum paham. Anda lihat sendiri tadi peserta sosialisasi di sini, semua antusias dan siap lho!” tuturnya.

Sosialisasi yang digelar Halal Institute berasal dari beberapa perwakilan usaha yang cukup dikenal, seperti Texas Fried Chicken, Bakso lapangan tembak, PT Egafood, dan Infine Catering.

Baca Juga:  Fraksi PKB DPRD Surabaya usulkan Raperda Pesantren

“Semoga semuanya akan mendukung program pemerintah yang sangat baik ini. Kita beri koreksi pada hal-hal yang kurang, misalnya soal Permenag yang maaih ditunggu.Namun secara umum harus kita dukung,” tutup Arifin.@Rel-Licom