Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pejabat Pemprov Jatim ini ciptakan aplikasi SIBantek, pelaksanaan teknis hingga progres proyek bisa dimonitor
Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Jawa Timur Rudy Ermawan. FOTO: SARIFA-LICOM
HEADLINE TECHNO

Pejabat Pemprov Jatim ini ciptakan aplikasi SIBantek, pelaksanaan teknis hingga progres proyek bisa dimonitor 

LENSAINDONESIA.COM: Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Jawa Timur Rudy Ermawan melakukan sebuah inovasi modern berbasis digital. Ia menciptakan suatu aplikasi untuk mengetahui informasi bantuan teknis dalam pengerjaan proyek yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim.

Rudy menamakan aplikasinya itu Sistem Informasi Bantuan Teknis atau
SIBantek.

“Saya menciptakan SIBantek ini berawal dari permintaan OPD-OPD lain yang meminta bantuan ke kami (Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya). Karena mereka tidak punya tim teknis, maka kami diminta memberikan bantuan teknis apabila mereka mau bangun proyek,” ujarnya pada LICOM di Surabaya, Selasa (08/10/2019).

SIBantek merupakan instrumen untuk mempermudah pengelolaan bantuan teknis, perencanaan kegiatan dan pembagian sumber daya tenaga ahli dalam pelaksanaan, pengawasan, serta monitoring progres proyek sesuai dengan ketentuan dan waktu yang sudah ditentukan.

Kata Rudy, selama ini setiap laporan tidak bisa dicek secara langsung dan real time, sebab harus menunggu direkap terlebih dahulu dan ini memakan waktu. Untuk mengatasi hal itulah maka SIBantek diciptakan.

Melalui SIBantek, pengguna akan bisa mendapat fasilitas laporan, progres pengerjaan, program perencanaan hingga fisik bangunan.

“Dulu kalau kita mau tahu tentang progres pengerjaan proyek, kan masih konvensional, harus diketik dulu. Kalau sekarang kita nggak perlu diketik, cukup dengan menggunakan aplikasi IBantek. Ketika sudah connect kita tinggal klik aja untuk tahu progresnya apa sampai masalahnya apa saja semua terlihat,” paparnya.

Aplikasi IBantek bisa digunakan lewat PC ataupun smartphone, namun pengguna aplikasi ini hanya untuk kalangan sendiri. Sehingga untuk bisa mendapatkannya, maka OPD harus bekerjasama dengan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Jatim.

Baca Juga:  Jadilah buzzer penyebar informasi positif untuk perdamaian

“Nanti yang memakai IBantek akan kita kasih username dan password. Aplikasi ini kami ciptakan untuk lebih memudahkan banyak pihak, PPK, KPA yang realtime, cepat dan akurat. Bahkan, kalau ada masalah cepat segera diketahui dan diselesaikan,” tukas Rudy Ermawan.

Temuan brilian ini juga sebagai upaya mendukung program Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yakni CETTAR (Cepat, Efektif, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif).

IBantek saat ini baru proses uji coba (trial) dan baru normal digunakan pada tahun 2020 mendatang.@sarifa