Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
AirNav berbagi ilmu di Kampus Poltekbang Surabaya
Kuliah Umum bertema ‘Kompetensi Taruna Politeknik Penerbangan Surabaya dalam Menuhi Kebutuhan SDM Perum LPPNPI pada Era Industri 4.0’ . FOTO: sarifa-LICOM
EDUKASI

AirNav berbagi ilmu di Kampus Poltekbang Surabaya 

LENSAINDONESIA.COM: Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia berbagi ilmu di kampus Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya.

Sejumlah petinggi Airnav sharing pengetahuan dan pengalaman kepada ratusan taruna taruni agar bisa memasuki dunia kerja di bidang penerbangan.

Kepala Divisi Organisasi dan Pengembangan SDM Airnav Indonesia Maskon Humawan tampak antusias berbagi ilmu kepada taruna taruni Poltekbang. Ia memberikan pandangan bahwa bekerja di dunia penerbangan kunci utamanya yakni teamwork yang bagus.

“Dalam dunia penerbangan meliputi banyak stakeholder mulai dari airlines, AirNav, angkatan udara, otority dan sebagainya. Maka mereka para taruna taruni ini kami bekali agar tahu siapa saja mitra kerjanya yang dibutuhkan dalam dunia penerbangan. Dan yang paling penting, bisa saling kerjasama atau teamwork yang bagus,” ujar Maskon saat ditemui LICOM usai acara Kuliah Umum di Poltekbang Surabaya, Jalan Jemur Andayani Surabaya, Jumat (18/10/2019).

Tak hanya itu, pihaknya juga sempat berbagi kiat agar para lulusan dari sekolah-sekolah perhubungan nantinya bisa bergabung di AirNav. Mulai dari kompetensi, skill hingga attitude yang harus dipegang kuat oleh para taruna taruni.

“Kompetensi, skill dan attitude yang harus dimiliki seseorang sebelum bekerja di AirNav. Apalagi Airnav wilayah kerjanya di seluruh Indonesia, maka kita bekali juga dengan wawasan kebangsaan, imbauan anti narkoba dan lainnya,” katanya.

Maskom berharap, dalam Kuliah Umum bertema ‘Kompetensi Taruna Politeknik Penerbangan Surabaya dalam Menuhi Kebutuhan SDM Perum LPPNPI pada Era Industri 4.0’ tersebut diharapkan mampu diterima dan dipahami sebagai bekal untuk mengahadapi dunia kerja nantinya.

“Sekarang ini mereka menghadapi era industri 4.0 ada yang namanya big data, digitalisasi ada analisis dan IT. Di AirNav banyak menggunakan hal itu baik untuk operasional, teknik pendukung, maupun administrasi organisasi dan ke depan pasti akan lebih canggih,” urainya.

Baca Juga:  Ribuan Bunga Tabebuya bermekaran, suasana jalan protokol Surabaya mirip di Jepang

Terlebih, lulusan dari Poltekbang Surabaya ini termasuk yang dicari oleh AirNav. Mereka membutuhkan calon pegawai yang ahli di bidangnya dengan menguasai skill person untuk Air Traffic Controller (ATC), Air Traffic Service Reporting Office, teknik navigasi hingga teknik support.

“Mereka-meraka yang kita butuhkan ini memang sekolahnya ya seperti di Poltekbang ini. Disini pendidikan khusus, betul-betul pendidikan skill, tinggal dipoles dikit, kita kasih pengenalan pengetahuan tentang perusahaan, kita kasih waktu belajar dan jika dites lulus ya mereka diterima,” ujar Maskon.

Tak hanya kemampuan di bidangnya, namun perusahaan-perusahaan besar juga melihat lisensi, menguasai bahasa inggris serta attitude baik. AirNav sendiri menekankan pentingnya attitude, yaitu nilai-nilai di perusahaan meliputi integritas, soliditas, akuntabilitas, fokus keselamatan dan excellent service.

Ditambahkan Genera Managel AirNav Cabang Surabaya Yasrul, pentingnya kuliah umum seperti ini bisa menambah pengetahuan di dunia penerbangan yang nantinya akan mereka geluti.

“Kan sayang sekali jika mereka sudah ada di sekolah penerbangan tapi masih minim pengetahuan di bidang penerbangan. Kami memberikan arah, memberikan gambaran bagaimana kondisi di lapangan. Intinya menjaga dan membentuk teamwork yang saling mendukung sangat penting di dunia penerbangan. Karena kita tidak bisa bekerja sendirian,” tukas Yasrul.@sarifa