Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Rhenald Kasali dukung Presiden pilih kaum muda di kabinetnya
Rhenald Kasali, Guru Besar Universitas Indonesia nyatakan siap dukung kabinet Presiden Jokowi dianggotai para kaum muda.ist
Bisnis

Rhenald Kasali dukung Presiden pilih kaum muda di kabinetnya 

LENSAINDONESIA.COM: Rhenald Kasali, Gurubesar UI mendukung jika kaum muda masuk dalam jajaran kabinet sesuai rencana Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, di era #MO setidaknya ada empat bidang dibidani para kaum muda, yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan perdagangan.

“Keempat bidang itu sarat persoalan disrupsi, masih banyak menimbulkan derita bagi masyarakat, menjadi perhatian publik dan menuntut cara-cara baru. Di era #MO, kita bisa memobilisasi dan mengorkestrasi sumberdaya milik masyarakat dengan lebih mudah,” tegas Kasali melalui keterangan resminya, Jumat (18/10/2019).

Ia menambahkan, jika anggaran kurang, kaum muda yang tahu persis cara mengerahkan partisipasi publik lewat pendekatan crowdsourcing dan public-private collaboration.

“Wirausaha muda di abad 21 ini mayoritas bernafaskan kewirausahaan sosial. Maka, kolaborasi dengan ekosistem dari BUMN akan memberi ruang untuk kaum muda mendisrupsi sektor-sektor yang masih memberikan ‘pain’ bagi keluarga seperti jumlah kamar pada rumah sakit yang kurang, tarif kesehatan yang dikeluhkan dokter, ketersediaan guru, bencana asap, dan serangan barang impor,” papar Kasali.

Menurutnya, hal inefisiensi, obseleditas (ketinggalan zaman) dan pain burden (kepahitan) masih dirasakan publik dalam pelayanan di ke empat bidang itu.

Perlu alokasi anggaran pendidikan lebih efisien

Di bidang pendidikan misalnya, anggaran yang ada sudah sangat besar namun kualitasnya belum bisa dioptimalkan. Sementara untuk internet, sudah menimbulkan persoalan ketergantungan anak-anak pada game online.

“Jika pendekatannya kuno, maka pendidikan akan menanggung bebannya seperti paparan hoax dan intoleransi, kualitas dan karakter, minimnya tenaga guru, langkanya digital tallent dan tak tertutup. Kemungkinan munculnya kebutuhan akan pusat rehabilitasi mental bagi anak-anak yang kecanduan game online sangat dinanti dengan metode baru,” tutur Kasali.

Demikian pula kesehatan yang sudah didukung dana BPJS yang sangat besar.

Baca Juga:  Bahas penguatan neraca perdagangan, Presiden ingatkan para menteri fokus terobosan tekan defisit

“Jika kita masih mengandalkan metode lama, maka biayanya akan semakin besar, dan masyarakat frustasi. Big data dan Kecerdasan buatan bisa mendisrupsi layanan kesehatan, asalkan kementrian ini didukung ilmunya kaum muda,” ungkapnya.

Begitupun perdagangan dalam negri dan lingkungan hidup. Dua bidang itu sangat diminati kaum muda yang akan mewarisi masa depan republik ini.

“Hanya kaum muda yang tahu cara menggerakkan perdagangan domestik agar efisien melalui ekosistem perdagangan. Salah satu kontribusi riil kaum muda yang berhasil diantaranya partisipasi rumah tangga dalam perdagangan domestik dan rendahnya inflasi sebab perdagangan langsung via e-commerce,” tukas Kasali.

Untuk lingkungan hidup, merupakan bidang yang diminati kaum muda sebab mereka itu pewaris masa depan yang paling banyak menderita akibat laju deforestasi dan kepungan sampah plastik.@Rel-Licom