Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Terapkan Farmer2Farmer, peternak sapi perah ini berhasil tingkatkan produksi susu
Mita Kopiyah pemilik peternakan sapi perah Lembu Barokah asal Desa Penjor, Kecamatan Pagerwojo-Tulungagung. Eld
EKONOMI & BISNIS

Terapkan Farmer2Farmer, peternak sapi perah ini berhasil tingkatkan produksi susu 

LENSAINDONESIA.COM: Frisian Flag Indonesia berhasil mendongkrak produksi susu di sejumlah daerah di Jatim, salah satunya Tulungagung.

Diantaranya, peternakan sapi perah Lembu Barokah milik Mita Kopiyah asal Desa Penjor, Kecamatan Pagerwojo-Tulungagung. Peternakan yang dimulai tahun 2007 ini mampu memproduksi susu hingga 100 liter perhari dari 8 ekor sapi milikya.

“Yah kalau sekarang ini sudah sampai 100 liter perhari susu perahannya, dan sebulan bisa mencapai. 3.000 liter. Dan itu kami usahakan akan meningkat lagi,” terang Mita kepada awak media, Jumat (19/10/2019).

Ia menambahkan, hasil tersebut juga tak lepas dari penyuluhan dari Frisian Flag Indonesia yang telah membawa dirinya hingga memperoleh ilmu ternak asal Belanda karena terpilih dalam program Farmer2Farmer dintahun 2017.

“Alhamdulillah produksi susu sari sapi oerahan kami kini lebih meningkat dibanding sebelumnya. Sebelumnya, hasil susu yang kami dapat antara 10 hingga 12 liter perhari. Dan kini sudah mencapai minimal 18 liter per ekor. Dan hasil tersebut juga dari penerapan ilmu di Belanda,” papar Mita.

Optimalisasi hasil susu yang didapat yang paling dominan terlihat dari pola makan untuk sapi. Bagi Mita, yang telah mengantongi pengalaman dari Belanda ini, ia menerapkan pemberian pangan dari bahan rumput gajah dan jagung bukan lagi comboran.

“Alhamdulillah hasilnya maksimal, bahkan sapi yang berumur 1,7 tahun pun sudah bisa menghasilkan susu. Yang terpenting tempat ternak harus terang dan terbuka,” pungkas Mita.

Sebagai informasi, Frisian Flag Indonesia memperoleh susu dari sapi perahan mencapai 250 ton perhari yang ditampung dari 5 koperasi dari 4 kota, yakni Pasuruan, Malang, Blitar dan Tulungagung. Dari Jatim, kontribusi susu untuk Frisian Flag. Indonesia mencapai 25-30 persen.

Baca Juga:  Irwan  ditunjuk jadi Ketua DPW PKS Jatim gantikan Arif Setiawan