Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
GP Ansor Jombang fokus pendidikan dan kemandirian kader
Pelantikan pengurus Pimpinan PC GP Ansor Kabupaten Jombang periode 2018-2022, Sabtu (19/10/2019). FOTO: obi-licom
HEADLINE JATIM RAYA

GP Ansor Jombang fokus pendidikan dan kemandirian kader 

LENSAINDONESIA.COM: Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Jombang periode 2018-2022 resmi dilantik, Sabtu (19/10/2019).

Ketua PC GP Ansor Jombang H Zulfikar Damam Ikhwanto mengatakan, bersama para pengrus baru ini, pihak akan lebih concern terhadap peningkatan pendidikan dan kesejahteraan Ansor. Menurutnya, dua hal tersebut akan menjadi pondasi bagi organisasi untuk dapat terus berkembang dan bisa mengadapi berbagai tantangan era teknologi.

“Beberapa problem kritis ini sudah kami kaji pada realita kehidupan sahabat-sahabat kader Ansor dan Banser di Jombang. Mulai rendahnya tingkat pendidikan, kemiskinan, hingga ketidakmandirian. Banyak kader yang belum punya kesempatan mendapat pekerjaan dan menciptakan lapangan kerja. Itu persoalan-persoalan yang harus kita tuntaskan ke depan,” kata Zulfikar Damam Ikhwanto
di aula Kantor PCNU Kabupaten Jombang.

Pria yang akrab disapa Gus Antok ini menyampaikan, setiap kader Ansor juga harus mampu menyikapi problem
multidimensi. Karena itu, sejak kepengurusan periode pertama (2014-2018), pihaknya sudah melakukan berbagai perubahan cara pandang (mindset) yang bagaimana dalam hal ini kader Ansor bisa lebih mandiri secara jammiyah, sehingga hal demikian dapat ditularkan kepada masyarakat sekitarnya.

“Ansor Jombang berusaha menjawab persoalan yang dihadapi. Dalam waktu dekat kita membuka jejaring atau Ansormart Networking yang segera dilaunching pada kepengurusan kedua ini, yakni toko atau lapak yang dimiliki oleh kader Ansor diikat dalam satu jaringan kerja,” bebernya.

Selain berbagai persoalan kemandirian, Ansor juga harus kuat dalam menjaga ideologi bangsa Indonesia, menjadi benteng dan pelopor gerakan dalam menjaga kerukunan. Saat ini fenomena banyak ditemui tentang banyak anak muda yang terpapar radikalisme, dan juga anak-anak muda terjebak dalam penyalahgunaan narkoba.

“Kita ingin menjawab semua persoalan yang multidimensi ini. Karena itu semua menjadi bidang dalam garapan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pemkot Surabaya terima hibah Dumb Truck dan Sky Walker

Pelantikan pengurus PC GP Ansor Jombang dihadiri perwakilan Pimpinan Pusat Wakil Ketua PP GP Ansor, Syaikhul Islam yang mewakili Ketua Umum PP GP Ansor Gus Yaqut Cholil Qoumas yang berhalangan hadir karena persiapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo-KH Makruf Amin.

Selain pengurus pusat, pelantikan pengurus PC GP Ansor tersebut juga dihadiri jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah). Yakni, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Ketua DPRD Masud Zuremi, Kapolres AKBP Boby Paludin Tambunan, serta Komandan Kodim/0814 Letkol Inf Triyono.

Dalam sambutannya, Bupati Mundjidah mengajak Ansor Jombang untuk bersinergi mengawal pembangunan mewujudkan Jombang yang berkarakter dan berdaya saing.

Selain itu, Bupati juga meminta peran aktif semua pihak dalam pemberantasan narkoba, termasuk gerakan pemuda Ansor.

“Kami harap peran serta GP Ansor dalam pembangunan di Jombang. Mari melakukan sinergi dengan pemerintah kabupaten,” pesan Munjidah.@Obi