Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Mundjidah tetapkan 21 Oktober sebagai Hari Jadi Kabupaten Jombang
Bupati Mundjidah menandatangani prasasti penetapan Hari Jadi Kabupaten Jombang. FOTO: OBI-LICOM
HEADLINE JATIM RAYA

Mundjidah tetapkan 21 Oktober sebagai Hari Jadi Kabupaten Jombang 

LENSAINDONESIA.COM: Bupati Jombang Munjidah Wahab telah menetapkan tanggal 21 Oktober sebagai Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang.

Penetapan ini dilakukan dengan penandatangan prasasti Hari Hadi Kabupaten Jombang yang ke-109 usai upacara peringatan Hari Jadi Pemerintah Propinsi Jawa Timur yang ke 74 di lapangan Pemkab Jombang, Senin (21/10/2019).

Mundjidah mengatakan, penetapan tanggal 21 Oktober sebagai Hari Jadi Pemkab Jombang ini berdasarkan dari dokumen Pemerintah Hindia Belanda tahun 1910.

Dalam dokumen itu disebutkan pemerintahan di wilayah Jombang berdiri setelah adanya peleburan dari Sedayu, maka Mojokerto dan Jombang sama-sama di buat Kabupaten.

“Semula Jombang ini adalah pemerintahan Kawedanan, kemudian begitu dipisah pada Jumat Pahing tanggal 21 Oktober 1910, dilakukanlah penetapan oleh Hindia Belanda, tentang pemisahan (Jombang) dari Kabupaten Mojokerto,” terang Munjidah

Kemudian, sejak dipisah dari Mojokerto itu, Pada 1910 Kabupaten Jombang telah memiliki bupati sendiri. Bupati pertamanya adalah R.A.A Soeroadiningrat.

Dengan adanya penetapan tersebut, Bupati mengharapkan agar seluruh masyarakat Kabupaten Jombang dapat mengingat kembali leluhur serta para pendahulu yang berupaya telah memajukan Kabupaten Jombang. Mulai dari Desa hingga institusi ikut aktif merayakan hari Jadi Pemkab Jombang yang kini sudah ke-109.

“Untuk itu, setiap tahun akan dirayakan sebagai bagian memberikan spirit patriotisme di dalam memperjuangkan masyarakat menuju masyarakat Kabupaten Jombang yang sejahtera. Dan juga sebuah keharusan setiap tahun untuk diperingati, supaya dapat memberikan motivasi kepada masyarakat Kabupaten Jombang untuk bisa maju bersama-sama,” imbuhnya.

Penetapan tanggal 21 Oktober sebagai Hari Jadi Pemkab Jombang ini juga sudah diperkuat dengan Peraturan Bupati (Perbup) yang sebelumnya telah melakukan konsultasi kepada Pemerintah Provinsi Jatim,” pungkasnya.@Obi

Baca Juga:  Wali Kota Malang beber program penguatan kebijakan pembangunan lewat dialog publik