LENSAINDONESIA.COM: Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab memastikan sekitar 900 warga di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng bisa menikmati air bersih dari proyek pembangunan penampung air dan pipanisasi yang tengah dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Perumahan dan Permukiman Kabupaten Jombang.

Program penampungan dan pipanisasi air meringankan beban warga dalam mencukupi kebutuhan air bersih, khususnya di tengah musim kemarau seperti saat ini.

“Di tempat ini memang terdapat sebuah sumber air yang biasa dimanfaatkan oleh warga sekitar mengambil air dengan jerigen kemudian dipikul. Adanya program perpipaan ini, kita bantu warga, sehingga air ini kita buatkan penampungan, dan air bersih ini bisa mengairi atau untuk kebutuhan masyarakat sekitar,” ujar Bupati Mundjidah kepada sejumlah wartawan
saat meninjau program pipanisasi air dan bedah rumah di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kamis (24/10/2019).

Mundjidah mengatakan, dari penampungan ini air bisa tersalur ke rumah warga melalui pipa-pipa yang sudah terpasang.

“Program penampungan dan pipanisasi air ini, kedepan tetap berlanjut pada tempat berbeda di Kabupaten Jombang agar masyarakat dapat menikmati kemudahan, karena air sangat penting bagi kehidupan,” tutur Mundjidah.

Selain meninjau penampungan air dan pipanisasi, Bupati Mundjidah melakukan juga melakukan silaturahim ke penerima bantuan bedah rumah yang terletak juga di Kecamatan Bareng, Jombang.

“Pada tahun 2019 ini ada 3.111 penerima bantuan bedah rumah/ BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya),” ungkapnya.

Program bedah rumah di Kabupaten Jombang ini bersumber dari APBD dan juga ada yang bersumber dari APBN.

“Kedepan program terus berjalan, kita lakukan setiap tahun, Insya Alloh selama lima tahun menjadi 15 ribu (penerima manfaat),” pungkasnya.@Obi