LENSAINDONESIA.COM: Pergantian Antar Waktu (PAW) bakal terjadi di Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD) Provinsi Jawa Timur. Hal ini karena salahsatu anggotanya, Abdul Halim Iskandar telah resmi diangkat sebagai Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Desa dan PDTT) di Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Bukan hanya PAW di fraksi PKB, formasi pimpinan DPRD Jatim juga secara otomatis terjadi perombakan, sebab Halim Iskandar sebelumnya duduk sebagai wakil ketua dewan.

“Jadi nanti ada dua posisi yang akan diisi, wakil ketua dan keanggotaan (Fraksi PKB). Kalau untuk nama pengganti pimpinan itu murni hak prerogatif DPP (Dewan Pimpinan Pusat PKB) dan sampai hari ini belum turun. Sehingga kita belum tahu siapa nama penggantinya,” kata Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim Anik Masclacha saat ditemui LICOM di ruang Fraksi PKB DPRD Jatim, Jumat (25/10/2019).

Anik DPP PKB akan mengirim nama pengganti ke DPRD Jatim. Nama calon pengganti kemudian DPRD bisa menjadualkan paripurna untuk pengumuman PAW Wakil Ketua DPRD Jatim asal Fraksi PKB.

“Setelah itu DPRD mengirim surat kepada Gubernur Jatim (Khofifah Indar Parawansa) untuk dilanjutkan ke Kemendagri untuk meminta pengesahan Wakil Ketua DPRD Jatim. Setelah surat turun ke DPRD, maka DPRD akan mengadakan paripurna pengambilan sumpah,” paparnya.

Sedangkan untuk nama siapa pengganti Abdul Halim Iskandar sebagai Anggota DPRD Jatim periode 2019-2024, sudah bisa diketahui lewat daftar nama perolehan suara Caleg di Pileg 2019 lalu.

“Otomatis yang punya perolehan suara di bawah Pak Halim, dia adalah Masduki dari Mojokerto. Nanti prosenya DPP PKB yang akan surati DPRD Jatim, kemudian DPRD kirim surat ke KPU Jatim untuk verifikasi betul tidak nama itu, kemudian KPU Jatim mengirim jawaban ke DPRD untuk dilanjutkan kepada Gubernur Jatim dan Kemendagri untuk pengesahan,” tandas Anik.

Setelah surat semua turun, maka DPRD Jatim bisa menggelar pelantikan untuk PAW. Sekedar diketahui, dalam proses PAW Anggota DPRD Jatim nanti akan dilakukan oleh dua fraksi, yakni Abdul Halim Iskandar (Fraksi PKB) dan Arif Hari Setiawan (Fraksi Keadilan Bintang Nurani).

Nama Arif Hari Setiawan yang juga Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jatim di-PAW karena meninggal dunia akibat serangan jantung saat melakukan kunjungan kerja bersama Komisi C DPRD Jatim di Jakarta pada Rabu 23 Oktober 2019 lalu.@sarifa